Oli Transmisi Bermasalah, Suzuki Indonesia Recall Puluhan Unit Jimny Terbaru

Nusantaratv.com - 17 September 2021

Suzuki Jimny 2021. (Istimewa)
Suzuki Jimny 2021. (Istimewa)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) akan melakukan penarikan kembali (recall) terhadap puluhan unit mobil Jimny terbaru.

Recall ini dilakukan pada 21 unit mobil Suzuki Jimny bertransmisi otomatis dengan periode produksi 14 Mei 2021 hingga 14 Juni 2021 karena berpotensi mengalami perembesan oli pada transmisi.

Masalah ini bisa menyebabkan mobil tidak dapat dijalankan hingga mengancam keselamatan. Untuk itu, Suzuki menekankan agar segera dilakukan perbaikan.

Asst to service Dept Head PT Suzuki indomobil Sales, Hariadi menyatakan terjadinya rembesan oli diduga karena adanya kesalahan saat perakitan yang menyebabkan oil seal terlipat.

"Setelah dilakukan pengecekan secara menyeluruh, kami menemukan potensi perembesan oli yang disebabkan posisi oil seal terlipat saat perakitan. Untuk itu, kami harus melakukan penarikan kembali beberapa unit Jimny untuk dilakukan perbaikan segera demi keselamatan konsumen," kata Hariadi dalam keterangan resmi, Jumat (17/9/2021).

Sementara itu, untuk prosedur yang akan dilakukan, kata dia, ada dua. Jika pengecekan tidak menunjukkan adanya kebocoran oli pada mobil, maka penggantian hanya akan dilakukan pada komponen washer set.

Namun, jika ada permasalahan rembes pada transmisi mobil, maka akan dilakukan penggantian pada unit automatic transmission set. "Kita akan lakukan pemeriksaan terlebih dahulu. Jadi tidak langsung diganti. Kalau misalnya di pemeriksaan tidak ada bocor, maka kita hanya akan mengganti washer set-nya aja," jelasnya.

Untuk indikasinya, jika oil seal mobil Suzuki Jimny terlipat atau terbalik, maka permasalahan akan ada pada bagian transmisi. "Karena bila ditemukan bocor atau terlipat. Maka indikasinya akan ada kesulitan pada saat pemindahan transmisi automatic-nya," tambah Hariadi. 

Disebutkan waktu yang dibutuhkan untuk penggantian komponen washer set hanya akan menghabiskan waktu 1 jam. Sedangkan untuk penggantian automatic transmission set akibat adanya oli rembes bakal memakan waktu hingga 5,6 jam.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])