NIK dan NPWP Kini Sudah Terintegrasi, Begini Cara Mengetahuinya

Nusantaratv.com - 03/08/2022 11:52

Ilustrasi KTP
Ilustrasi KTP

Penulis: Armansyah | Editor: Supriyanto

Nusantaratv.com – Kementerian Keuangan (Menkeu) RI dan Direktorat Jenderal Pajak (DJP) telah mengesahkan inovasi Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang saat ini sudah dapat digunakan untuk memenuhi hak dan kewajiban wajib pajak orang pribadi, pada Selasa (19/7).

Direktur Jenderal (Dirjen) Pajak Suryo Utomo menunjukkan bagaimana login ke aplikasi pajak.go.id menggunakan NIK sebagai tanda mulainya perubahan besar ini.

“Dengan begitu, masyarakat diberikan kemudahan tidak perlu repot mendaftarkan diri ke Kantor Pelayanan Pajak karena integrasi NIK sebagai Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) sudah berjalan,” ujar Suryo dalam keterangan tertulis, Rabu (20/7/2022) mengutip cnbcindonesia.com.

Pemerintah memastikan Nomor Induk Kependudukan (NIK) sudah bisa menggantikan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP). Berarti kini setiap orang di Indonesia bisa mengurus kewajiban perpajakannya meski masih belum memiliki NPWP.

Yang mesti dilakukan jika NIK kepunyaanmu sudah terintegerasi dengan NPWP pastikan rutin melaporkan Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT). Lalu, bagaimana cara mengetahuinya?

Kini tidak perlu lagi datang ke kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) atau Kantor Pelayanan Pajak (KPP) untuk mengecek apakah NIK kita sudah terintegrasi dengan NPWP. Pengecekan bisa dilakukan secara daring dengan menjalankan langkah-langkah berikut ini.

1. Lewat SMS atau WhatsApp
Kita bisa mengecek NIK lewat pesan SMS atau WhatsApp. Jika lewat SMS, ketik pesan dengan format Cek#KTP#NIK lalu kirim saja ke nomor 0815 3636 9999 milik Disdukcapil Kemendagri.

Sementara itu, kalau mengecek lewat WhatsApp, bisa menulis format pesan: nama lengkap sesuai KTP, NIK, kelurahan/kecamatan/kabupaten atau kota lalu kirim ke nomor 0813 2691 2479.

2. Lewat Twitter dan Facebook
Akun Twitter resmi Dukcapil adalah @ccdukcapil. Sementara itu, akun Facebook-nya adalah Halo Dukcapil. Kita tinggal mengirim Messenger, pesan Facebook, atau Message di Twitter dengan format #NIK#Nama Lengkap#Nomor Kartu Keluarga#Nomor Telepon#Keluhan.

3. Lewat Call Center Dukcapil
Kita bisa langsung menghubungi Call Center Dukcpil di nomor telepon 1500 537. Tapi, sebelum melakukannya, siapkan NIK dan Nomor KK sehingga petugas bisa memberikan informasi terkait NIK dan NPWP kita.

4. Lewat Surel
Surat elektronik (surel atau email) milik Dukcapil adalah callcenter.dukcapil@gmail.com. Untuk mengetahui apakah NIK kita sudah terkait dengan NPWP, tinggal kirim surat dengan format #NIK#Nama Lengkap#Nomor Kartu Keluarga#Nomor Telepon#Keluhan ke alamat tersebut.

Sebagaimana saat kita mengirim pesan lewat SMS atau WhatsApp, terkadang pesan lewat surel baru dibalas dalam waktu 1x24 jam.

5. Cek di Situs Kemendagri
Ternyata, situs resmi Kemendagri membuka layanan pengecekan NIK secara daring, yaitu di www.dukcapil.kemendagri.go.id. Begitu sudah memasuki situs tesebut, pilih Menu e-KTP. Setelah itu, isi NIK dan tekan tombol enter. Jika KTP sudah terkait dengan NPWP, maka akan ada informasi yang keluar di situs tersebut.

Bagaimana, mudah kan. Ayo cek NIK kita, apakah sudah terkait dengan NPWP? Jika sudah, jangan lupa ya, kita wajib bikin laporan SPT pajak setiap tahunnya.

Sumber: inibaru.id

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

Komentar belum ada.
Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in