Nigeria Musnahkan 1 Juta Vaksin Covid-19, Ini Sebabnya

Nusantaratv.com - 23 Desember 2021

Ilustrasi vaksin Covid-19. (Istimewa)
Ilustrasi vaksin Covid-19. (Istimewa)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Pemerintah Nigeria pada Rabu (22/12/2021) memusnahkan lebih dari satu juta dosis vaksin Covid-19 AstraZeneca. Vaksin tersebut dihancurkan karena sudah kadaluarsa.

Pemusnahan vaksin virus corona kadaluarsa ini untuk meyakinkan masyarakat Nigeria jika vaksin yang sudah lewat batas waktu penggunaannya pasti tidak akan digunakan lagi.

Dikutip dari Al Jazeera, Kamis (23/12/2021), pemusnahan vaksin kadaluarsa ini dilakukan sepekan setelah otoritas kesehatan Nigeria mengatakan ada sejumlah dosis vaksin Covid-19 yang disumbangkan dari negara-negara kaya di Barat, yang masa berlaku penggunaannya tinggal beberapa pekan lagi.

Pada 7 Desember, Reuters melaporkan terdapat sekitar satu juta dosis vaksin virus corona di Nigeria diperkirakan akan segera habis masa berlakunya pada November 2021.

Vaksin Covid-19 AstraZeneca yang sudah kadaluarsa itu, dibuang di tempat pembuangan di Kota Abuja. Sebuah bulldozer dikerahkan untuk menghancurkan vaksin tersebut, yang dibungkus dalam dus-dus dan plastik. Penghancuran vaksin yang sudah kadaluarsa tersebut disaksikan pula oleh wartawan dan otoritas kesehatan Nigeria.

Direktur National Primary Health Care Development Agency di Nigeria, Faisal Shuaib mengatakan, kurangnya suplai vaksin virus corona di wilayah Afrika, telah memaksa Nigeria untuk mengambil beberapa dosis karena tahu betul masa penggunaan vaksin virus corona tersebut tidak berlangsung lama.

"Kami telah berhasil menarik 1.066.214 dosis vaksin AstraZeneca yang kadaluwarsa. Kami harus menepati janji untuk tetap transparan pada masyarakat Nigeria. Penghancuran hari ini adalah sebuah kesempatan bagi masyarakat Nigeria untuk yakin pada program imunisasi massal kami," kata Shuaib.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])