Napi Gagal Kabur Meninggal, Lima Pegawai Lapas Lubuklinggau Diperiksa Kepolisian

Nusantaratv.com - 28/06/2022 20:03

Poto Lapas Kelas IIA Lubuklinggau.
Poto Lapas Kelas IIA Lubuklinggau.

Penulis: Nofi Ardiyanto | Editor: Supriyanto

Nusantaratv.com - Beredarnya video yang memperlihatkan oknum pegawai Lapas injak kepala Narapidana yang berupaya kabur, Minggu (26/6/2022), berbuntut pemeriksaan Lima orang pegawai Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Lubuklinggau oleh pihak kepolisian.

Hasil informasi yang di dapatkan pada Selasa,(28/6/2022) sekira pukul 14.00 WIB, pihak Polres Lubuklinggau sudah memanggil dan memeriksa lebih lanjut terkait adanya dugaan kekerasan yang dilakukan oleh oknum pegawai lapas kelas IIA Lubuklinggau tersebut.

Kapolres Lubuklinggau, AKBP Harissandi membenarkan adanya pemeriksaan terhadap pegawai lapas terkait video yang viral di media sosial tersebut, namun sejauh ini pihak Polres Lubuklinggau masih melakukan pemeriksaan kepada oknum petugas lapas.

“Kita periksa pegawai Lapas sebanyak lima orang. Mereka yang melakukan pengejaran dan petugas yang sedang piket malam itu. Sejauh ini belum kita temukan unsur pidananya, namun pemeriksaan masih terus berjalan,” ungkap Harissandi, Selasa (28/6/2022).

Dalam keterangan yang di kutip dari sejumlah Media, Kapolres Lubuklinggau menjelaskan, jika kejadian itu sebetulnya bukan penganiayaan, melainkan saat proses penangkapan narapidana yang berupaya kabur tersebut melakukan perlawanan.

“Petugas Lapas itu sebetulnya mengejar narapidana yang kabur, dan yang bersangkutan melakukan perlawanan. Sudah diikat masih berontak. Tapi masih kita lakukan pemeriksaan,” jelas Kapolres dikutip dari Media lokal.

Diketahui sebelumnya dua Narapidana (Napi) Lapas Kelas IIA Lubuklinggau, mencoba kabur melalui plafon pada Minggu (26/6/2022) sekira pukul 16.14 WIB. 

Narapidana tersebut yakni inisial DH dan RK, Beruntung keduanya berhasil diamankan oleh petugas Lapas dibantu warga sekitar, Namun satu Narapidana inisial RK, Senin (27/6/2022) dikabarkan meninggal dunia.

Sekitar pukul 18.11 WIB pada Minggu malam (26/6/2022), sebuah ambulans Nopol BG 1227 HZ tampak tiba di Lapas Lubuklinggau.

Ditempat terpisah, Kepala Lapas Kelas IIA Lubuklinggau, Ika Prihadi Nusantara saat ditanya terkait video kekerasan yang beredar dilakukan oleh oknum petugas lapas, Kalapas membantah dan tidak membenarkan jika hal tersebut merupakan kekerasan.

"Perlu temen-temen untuk meluruskan, Jagan mencampur-adukan sesuatu yang kebenarannya tidak pas, tidak ada yang kritis, Yang pasti bahwa, upaya yang kita lakukan itu untuk menggagalkan upaya pelarian" pungkas Kalapas Ika Prihadi Nusantara.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

Komentar belum ada.
Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in