Nadiem: Bullying Online Libatkan 2.473 Pelajar

Nusantaratv.com - 25 Agustus 2021

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makariem
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makariem

Penulis: Mochammad Rizki | Editor: Mochammad Rizki

Jakarta, Nusantaratv.com - Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim menyoroti perundungan di internet atau bullying online, yang dialami pelajar. Ia mengaku prihatin, lantaran banyak mendapati perilaku negatif di media sosial yang melibatkan pelajar.

"Baik sebagai pelaku, maupun korban. KPAI (Komisi Perlindungan Anak Indonesia) telah mencatat kenaikan yang signifikan dalam perundungan daring pada pelajar sejak tahun 2011 sampai 2019, yakni mencapai 2.473 orang," katanya melalui konferensi video, Kamis (24/6/2021). 

Nadiem yakin pengguna media sosial di Indonesia begitu masif seiring dengan perkembangan teknologi dan kemudahan akses terhadap gawai. Namun menurutnya, fenomena ini belum diimbangi dengan tingkat literasi digital dan media sosial yang baik.

Dengan keadaan pandemi yang memaksa siswa menggunakan internet terus menerus, Nadiem khawatir siswa jadi semakin rentan dengan perundungan di dunia maya.

"Semakin ke sini teknologi dan dunia digital menjadi hal yang tidak terpisahkan dari kehidupan kita, termasuk dunia pendidikan. Kami telah menjadikan pendidikan literasi digital sebagai perhatian khusus," tuturnya.

Ia menilai kondisi ini semakin penting diperhatikan seiring dengan fokus kebijakan kementeriannya yang ingin mewujudkan digitalisasi sekolah. Nadiem menjelaskan digitalisasi sekolah tidak hanya terbatas pada penyediaan infrastruktur, namun juga menerapkan literasi digital.

Nadiem mengatakan pihaknya sudah berupaya mendorong literasi digital pada siswa sejak 2017. Ia menyebut saat ini pengetahuan tersebut terus diupayakan dengan kebijakan merdeka belajar yang mendorong lingkungan belajar yang suportif.

"Agar anak-anak bisa belajar dengan aman dan nyaman, tidak hanya di sekolah dan dalam kelas, tetapi juga di dunia maya," tambah Nadiem.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])