Muktamar ke-34 NU Jadinya Digelar pada 23-25 Desember 2021

Nusantaratv.com - 07 Desember 2021

Logo NU/ist
Logo NU/ist

Penulis: Ramses Manurung

Jakarta, Nusantaratv.com-Muktamar ke-34 Nahdlatul Ulama (NU) dipastikan akan digelar pada 23-25 Desember 2021 di Lampung. Keputusan tersebut diumumkan 
Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) usai melaksanakan Konferensi Besar (Konebs NU).

"Sebagaimana hasil munas konbes NU tanggal 26 September yang lalu, maka pelaksanaan Muktamar NU ke-34 di Lampung tanggal 23-25 Desember insyaallah akan dapat berjalan Muktamar NU bersama kita semua," kata Sekjen PBNU Helmy Faishal Zaini, mengutip detikcom Selasa (7/12/2021).

Turut hadir Ketum PBNU KH Said Aqil Siroj, Rais Aam PBNU KH Miftachul Akhyar, hingga Katib Aam PBNU Yahya Cholil Staquf.

Seperti diketahui, Said Aqil dan Yahya Staquf adalah dua kandidat calon ketua umum PBNU yang bersaing dalam Muktamar NU ke-34.

Konbes NU ini digelar sebagai respons atas permintaan mayoritas Pengurus Wilayah NU (PWNU) untuk memastikan jadwal pelaksanaan muktamar.

Baca juga: Tokoh Muda NU Tawarkan Solusi Agar Muktamar Tak Gaduh

"Saya menerima surat-surat usulan dan permintaan konbes dari sejumlah PWNU, sejauh ini sudah 22 PWNU (dari 32 total PWNU yang aktif)," kata Miftachul.
Pengasuh Pesantren Miftachussunnah, Surabaya ini akhirnya meminta Katib Aam PBNU mengulang ajakan menggelar konbes dari mayoritas PWNU ke Ketua Umum PBNU. Namun ajakan dari Katib Aam PBNU juga tidak direspons.

"Maka dengan ini saya memutuskan untuk mengambil alih inisiatif penyelenggaraan konbes dan saya mengundang ketua-ketua Tanfidziyah PWNU seluruh Indonesia untuk hadir di Jakarta besok Selasa, 7 Desember 2021, untuk mengikuti konbes," kata KH Miftachul Ahyar.

Sesuai ketentuan dalam AD/ART NU, disebutkan bahwa 2/3 PWNU se-Indonesia bisa mengusulkan pergelaran Konferensi Besar NU untuk memutuskan isu strategis organisasi, termasuk memutuskan jadwal muktamar.

Jumlah PWNU se-Indonesia sebanyak 34, dengan PWNU yang aktif 32 (2 PWNU mati SK-nya). Dengan demikian, jika saat ini ada 22 PWNU yang menghendaki digelarnya konbes, PBNU harus melakukan konbes dengan peserta PWNU.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])