MPR Minta 11 Terduga Teroris di Papua Diinvestigasi

Nusantaratv.com - 31 Mei 2021

Bambang Soesatyo, Ketua MPR RI.
Bambang Soesatyo, Ketua MPR RI.

Penulis: Mochammad Rizki

Jakarta, Nusantaratv.com - Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) meminta pemerintah menginvestigasi 11 terduga teroris yang ditangkap di Merauke, Papua, agar dapat diketahui rencana aksi kelompok tersebut.

"Saya minta pemerintah bersama TNI, Polri dan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) terus memonitor aktivitas kelompok tersebut. Segera melakukan investigasi terhadap 11 terduga teroris tersebut agar dapat diketahui rencana aksi mereka," kata Bamsoet.

Menurut Bamsoet, dengan dilakukan investigasi menyeluruh terhadap 11 terduga teroris tersebut agar dapat diketahui jaringan Jamaah Ansharut Daulah (JAD) yang mungkin punya rencana aksi teror ke depannya. Jaringan tersebut diduga terkait dengan kelompok teroris yang melakukan pengeboman di gereja Katedral Makassar pada Januari 2021 lalu.
Ketua MPR juga meminta aparat keamanan segera menyusun rencana sebagai tindak antisipasi agar tidak menimbulkan ancaman bagi masyarakat.

Ia menilai pemerintah melalui aparat TNI dan Polri lebih meningkatkan kewaspadaan dan bersinergi dengan Badan Intelijen Negara (BIN) untuk melakukan detiksi dini terhadap potensi terjadinya aksi teror dan kekerasan.

Ditambahkan dia, pemerintah perlu memutus rantai pemasok seperti keuangan maupun senjata bagi kelompok teroris untuk mempersulit ruang gerak mereka dan mengantisipasi berulangnya aksi teror di negara.(JB/PP)

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])