MPR: KKB Separatis-Ancaman Serius NKRI

Nusantaratv.com - 27 April 2021

Ahmad Basarah, Wakil Ketua MPR
Ahmad Basarah, Wakil Ketua MPR

Penulis: Mochammad Rizki

Jakarta, Nusantaratv.com - Wakil Ketua MPR Ahmad Basarah menyampaikan dukacita mendalam atas tewasnya Kepala BIN Daerah (Kabinda) Papua Brigjen TNI Putu I Gusti Putu Danny Nugraha saat kontak senjata dengan KKB. Menurut Basarah, peristiwa ini merupakan bukti bahwa kelompok separatis ini permasalahan yang serius.

"Peristiwa gugurnya kabinda Papua sekali lagi memberikan gambaran lebih jelas bangsa Indonesia bahwa KKB, saya lebih suka kelompok sparatis yang ingin memisahkan Papua dari NKRI itu memang betul-betul satu ancaman sangat serius bagi keutuhan dan integrasi seluruh wilayah NKRI," kata Basarah kepada wartawan di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Senin (26/4/2021).

Oleh karena itu, kata politikus PDIP ini, jangan sampai gugurnya Brigjen Papua itu tidak memberikan pembelajaran bagi semua aparatur negara untuk bekerja secara terstruktur, sistematis dan masif dalam menanggulangi kelompok-kelompok sparatisme di Papua.

"Saya kira ketegasan dan sinergitas, seluruh jajaran pemerintaha baik TNI, Polri dan kemendagri dan semua jajaran terkait harus dikonsolidasi dan pemerintah lebih solid dan kompak cara penanganannya," ujarnya.

Adapun pendekatan yang dilakukan, menurut Basarah, yang dituntut oleh masyarakat atau saudara-saudara di Papua sebenernya sama dengan permintaan saudara-saudara di daerah lain, yang mayoritas daerahmya masih tertinggal dibandingkan provinsi/kabupaten lain, yakni peningkatan kesejahteraan masyarakat Papua.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])