Minum Jus Ini Setiap Hari Bisa Kurangi Risiko Penyakit Jantung

Nusantaratv.com - 08/08/2022 17:20

Ilustrasi jus jeruk / times of India
Ilustrasi jus jeruk / times of India

Penulis: Harry Prasetyo

Nusantaratv.com - Minum jus jeruk dapat bermanfaat bagi kesehatan Anda dengan lebih banyak cara daripada yang mungkin Anda dengar. 

Berkat hesperidin, antioksidan yang ditemukan dalam buah jeruk seperti jeruk, minum jus jeruk dapat mengurangi risiko penyakit jantung , meningkatkan kesehatan darah, dan mengurangi peradangan kronis.

Apa itu hesperidin?

“Hesperidin adalah flavonoid yang ditemukan dalam buah jeruk,” kata Lisa Young, PhD, RDN penulis dari Finally Full, Finally Slim. “Sebagai antioksidan, membantu melindungi sel dari kerusakan oksidatif yang dapat menyebabkan penyakit jantung dan protektif terhadap peradangan dan penyakit jantung.”

“Hesperidin adalah pigmen tumbuhan dengan sifat antioksidan dan anti-inflamasi," tambah Amy Goodson, MS, RD, CSSD, LD , penulis The Sports Nutrition Playbook . “Ini terutama ditemukan dalam buah jeruk seperti jeruk, lemon, jeruk bali, dan jeruk keprok, serta jus. Ini penting karena antioksidan membantu menyangga radikal bebas (penjahat) yang dapat menyebabkan kerusakan sel.”

Bagaimana hesperidin bermanfaat bagi kesehatan jantung?

Menurut Lauren Manaker MS, RDN, LD, CLEC , konsumsi jus jeruk berkaitan dengan risiko penyakit kardiovaskular dan stroke iskemik yang lebih rendah.

"Jus jeruk mengandung senyawa tanaman seperti flavonoid, yang mungkin terkait dengan hasil kesehatan jantung yang positif ," kata Manaker. “Flavonoid spesifik seperti  hesperidin … telah dikaitkan dengan hasil seperti pengurangan kardiovaskular, pengurangan risiko stroke untuk pria dan wanita, dan penurunan risiko penyakit jantung koroner pada wanita pascamenopause.”

 “Mengalami peradangan kronis dapat meningkatkan risiko seseorang terkena beragam penyakit kronis, seperti diabetes, kanker tertentu, dan penyakit jantung, jadi mengelolanya dapat membantu orang menjalani hidup yang lebih sehat,” tambah Manaker.

Secara keseluruhan, menyeruput segelas jus jeruk di pagi hari atau menambahkannya ke daftar makanan Anda bisa sangat bermanfaat untuk kesehatan jangka panjang.

"Tindakan sederhana minum segelas jus jeruk 100% dapat memiliki efek mendalam pada kesehatan Anda secara keseluruhan," kata Manaker. "Tapi perlu diingat selama jusnya bukan minuman jus jeruk yang dibuat dengan tambahan gula, menyeruput jus ini bisa sangat bermanfaat."

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

Komentar belum ada.
Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in