MIKTA Ke-9 Angkat Isu Perubahan Iklim Sebagai Salah Satu Tantangan Dunia

Nusantaratv.com - 20 November 2023

Ketua DPR RI Dr. (H.C.) Puan Maharani di sela-sela perhelatan MIKTA Speakers' Consultation ke-9 di Jakarta, Senin (20/11/2023). Foto : Oji/Man
Ketua DPR RI Dr. (H.C.) Puan Maharani di sela-sela perhelatan MIKTA Speakers' Consultation ke-9 di Jakarta, Senin (20/11/2023). Foto : Oji/Man

Penulis: Bagas Adi Pangestu

Nusantaratv.com - Ketua DPR RI Puan Maharani menyatakan Forum MIKTA Ke-9 yang diikuti oleh lima negara yakni Meksiko, Indonesia, Korea Selatan, Turki dan Australia akan turut membahas mengenai isu perubahan iklim yang menjadi sorotan dunia internasional.

“Tadi juga berbicara tentang climate change dan juga terkait hal-hal ekonomi yang saat ini ini kita dalam situasi yang tidak cukup baik, termasuk di negara-negara yang lain,” terang Puan dalam keterangan rilisnya yang diterima Parlementaria pada Senin (20/11/2023).

Kelima negara tersebut juga akan bersepakat akan menghasilkan joint statement pada forum MIKTA ini, terutama terkait keadaan ekonomi global sehingga nantinya diharapkan dapat berjalan dengan baik. Forum ini juga diharapkan bisa mendukung dan bersinergi dengan Pemerintah dari negara MIKTA.

Pada kesempatan itu, Puan pun turut mengucapkan selamat kepada Jokowi atas terselenggaranya 1st MIKTA Leader's Gathering yang diadakan di sela-sela KTT G20 di New Delhi, India pada awal September 2023 lalu. "Kami juga siap berperan lebih aktif untuk berkontribusi dan bersinergi dengan Pemerintah dalam mengatasi berbagai permasalahan internasional," tuturnya.

Sebagai tuan rumah, DPR RI mengangkat tema “Strengthening Multilateralism, Addressing Intergenerational Challenges” pada MIKTA Speaker's Consultation ke-9. Pimpinan Parlemen Anggota MIKTA akan melaksanakan forum konsultasi yang bertujuan memformulasikan bagaimana parlemen negara MIKTA dapat memperkuat kerja samanya.

"Pada pertemuan MIKTA kali ini juga akan membahas bagaimana peran parlemen dalam mendorong reformasi tata kelola global. Hal ini agar sistem multilateral bisa tetap relevan dalam menjawab permasalahan dunia," urai Politisi Fraksi PDI-Perjuangan itu.

Isu perubahan iklim juga akan turut dibahas dalam forum ini melalui upaya bersama untuk mengurangi emisi dan meningkatkan aksi adaptasi. Puan menegaskan, DPR RI pun selalu mempromosikan pentingnya mengurangi zat karbon demi menjaga bumi untuk sekarang dan masa depan.

DPR RI pun selalu mempromosikan pentingnya mengurangi zat karbon demi menjaga bumi untuk sekarang dan masa depan

"Kami juga menggarisbawahi pentingnya pelibatan generasi muda sebagai motor penggerak dan agen perubahan untuk menciptakan dunia yang aman dan sejahtera," sebutnya.

Oleh karena itu, Ia berharap melalui pertemuan pimpinan parlemen negara MIKTA bersama Presiden Jokowi akan semakin mempererat hubungan antarnegara. Dengan begitu, negara middle power (kekuatan menengah) bisa ikut menyelesaikan berbagai tantangan dunia.

"Saya juga berharap melalui pertemuan ini, kita semua dapat terus mengembangkan hubungan bilateral di antara negara anggota MIKTA," pungkas Legislator dapil Jawa Tengah V itu.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])