Michelle Wu Resmi Jabat Wali Kota Perempuan Pertama di Boston

Nusantaratv.com - 17 November 2021

Michelle Wu dilantik sebagai wali kota perempuan pertama di Boston. (Boston)
Michelle Wu dilantik sebagai wali kota perempuan pertama di Boston. (Boston)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Michelle Wu pada Selasa (16/11/2021) resmi dilantik sebagai perempuan pertama sekaligus orang kulit berwarna pertama yang menjadi wali kota di Boston, sebuah kota yang memiliki sejarah panjang.

Dikutip dari The Associated Press (AP), pelantikan wali kota Amerika keturunan Asia pertama itu dilakukan dua pekan setelah Wu memenangkan pemilihan wali kota. Sebelum Wu, Boston hanya memilih pria kulit putih sebagai wali kota.

"Pemerintah kota itu istimewa. Kami adalah level yang paling dekat dengan rakyat, jadi kami harus melakukan yang besar dan yang kecil. Setiap lampu jalan, setiap lubang, setiap taman dan ruang kelas, meletakkan dasar untuk perubahan yang lebih besar," kata Wu setelah mengambil sumpah jabatan.

Bagaimana pun, ungkap dia, Boston berdiri atas janji revolusioner, di mana segala sesuatunya tidak harus seperti biasanya. "Kita dapat memetakan jalan baru bagi keluarga, bagi generasi mendatang, berdasarkan keadilan dan kesempatan," tambahnya.

Diketahui, Wu menggantikan mantan penjabat wali kota Kim Janey, yang juga berasal dari Partai Demokrat. Janey adalah perempuan pertama dan warga kulit hitam pertama yang menjabat posisi itu, tetapi tidak terpilih untuk menjadi orang nomor satu di kota itu.

Wu membeberkan ketika dia pertama kali menginjakkan kaki di dalam Balai Kota Boston yang luas, dia merasa ditelan oleh labirin lorong beton, pos pemeriksaan, dan partisi-partisi yang menjulang, yang mengingatkannya mengapa keluarga imigrannya berupaya menghindari ruang-ruang seperti itu.

Namun, dia mengatakan keluarganya kemudian membuatnya magang pada mantan Wali Kota Thomas Menino dan akhirnya membuatnya menduduki kursi di Dewan Kota Boston di mana, katanya, dia belajar suka duka politik dan pemerintahan kota.

"Hari ini saya tahu lorong dan tangga Balai Kota seperti rumah saya sendiri," ucapnya.

Dengan pelantikan itu berarti Wu kini akan menghadapi tugas berat untuk mencoba membuat proposal kebijakan yang ambisius, yang menjadi fokus kampanyenya.

Untuk melawan melonjaknya biaya perumahan yang telah memaksa beberapa penduduk hengkang dari kota itu, Wu telah berjanji untuk mengejar stabilisasi sewa atau kontrol sewa.

Wu, yang kedua orang tuanya bermigrasi dari Taiwan, dibesarkan di Chicago dan kemudian pindah ke Boston untuk berkuliah di Harvard University dan Harvard Law School. Dia memiliki dua anak kecil. Wu memilih naik kereta api bersama kedua anaknya ke lokasi pelantikan pada Selasa (16/11/2021).

Gubernur Massachusetts Charlie Baker yang berasal dari Partai Republik, Senator Partai Demokrat Elizabeth Warren dan Edward Markey, serta anggota DPR Ayanna Pressley menghadiri upacara pelantikan Wu.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])