Meski dalam Kondisi Sakit, Dorce Gamalama Tetap Laksanakan Nazar Ziarah ke Makam Ulama di Kediri

Nusantaratv.com - 19 Januari 2022

Dorce Gamalama/ist
Dorce Gamalama/ist

Penulis: Ramses Manurung

Jakarta, Nusantaratv.com-Meski dalam keadaan sakit, namun artis senior Dorce Gamalama memutuskan tetap melaksanakanan nazarnya ziarah ke makam Hamim Tohari Djazuli atau Gus Miek, tokoh agama asal Kediri, Jawa Timur.

Ia bahkan rela menempuh perjalanan jauh via darat dari Jakarta ke Kediri. 

Kabar itu disampaikan sahabat Dorce, Hetty Sunjaya. 

"Sekarang beliau lagi di Jawa Timur, memang dia ada niat dari sebelum sakit itu pun sampai sekarang dalam keadaan sakit, nazar, niatnya beliau itu mah ziarah ke makam Gus Miek di Kediri," ujar Hetty Sunjaya, Rabu (19/1/2022).

"Jadi, sekarang ini beliau lagi ada di Jawa Timur. Pulangnya mungkin InsyaAllah kalau enggak minggu, senen. Pokoknya seminggu. Itupun mungkin yang atur juga anak anaknya semua," lanjut Hetty.

Hetty mengungkapkan, rekan-rekan sudah melarang Dorce karena khawatir mengingat kondisinya saat ini masih perlu banyak istirahat. Tetapi mereka tak bisa berbuat banyak karena memang ziarah ini adalah nazar Dorce.

Baca juga: Begini Kondisi Terbaru Dorce Gamalama Pasca Alami Kritis

"Sebenarnya melarang. Takutnya enggak boleh capek, harus banyak istirahat dan harus banyak rebah. Tapi, kalau duduk begitu lama, kakinya bengkak lagi," kata Ira Safira, sahabat Dorce lainnya.

"Tapi, ya memang beliau niatnya seperti itu, sudah kencang, ya sudah, jalan dia. Menggugurkan nazar saja, karena beliau nazar itu kan berat. Kalau enggak dilaksanakan banyak hambatan lain," imbuhnya.

Lantaran Dorce bersikukuh harus tetap pergi untuk melaksanakan nazarnya, para sahabatnya bisa mengerti. Kendati demikian, para sahabatnya tak lupa mengingatkan anak-anak dan cucu Dorce untuk memperhatikan dan menjaga presenter senior itu.  

"Jadi beliau melaksanakan itu. Tadinya kita juga agak ragu, tapi karena dia bilang itu nazar, ya sudah, kita doa aja. Toh dia di mobil tiduran sama anak dan cucu. Insya Allah nazar beliau sampai," ujar Ira, mengutip okezonecom.

Kondisi kesehatan Dorce terganggu dan menurun dalam beberapa bulan terakhir sejak Oktober 2021. Ia harus bolak-balik dilarikan ke rumah sakit. Artis berusia 58 tahun dikabarkan mengidap penyakit diabetes sejak lama serta demensia alzheimer.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])