Merah Putih Berkibar di FIA World Endurance Championship 24 Hours of Lemans, Bamsoet Bangga

Nusantaratv.com - 23 Agustus 2021

Sean Gelael naik podium setelah menempati urutan ke-2 di kejuaraan FIA World Endurance Championship 24 Hours of Lemans
Sean Gelael naik podium setelah menempati urutan ke-2 di kejuaraan FIA World Endurance Championship 24 Hours of Lemans

Penulis: Mochammad Rizki

Jakarta Nusantaratv.com - Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo (Bamsoet), kembali mengapresiasi capaian presasi pembalap muda Indonesia berusia 24 tahun, Sean Gelael. Bersama pembalap Belgia Stoffel Vandoorne dan pembalap Inggris Tom Blomqvist, Sean Gelael berhasil membawa JOTA #28 finish di posisi kedua dalam ajang balap bergengsi FIA World Endurance Championship 24 Hours of Lemans.

"Sean Gelael telah mencatatkan rekor sejarah sebagai pembalap Indonesia pertama yang tampil sekaligus naik podium di ajang bergengsi FIA World Endurance Championship (WEC). Sebuah ajang balap mobil bergengsi dunia yang mengandalkan ketahanan fisik dan mental para pembalapnya.

Karena durasi balap yang sangat panjang, mulai dari 6 jam, 8 jam, hingga 24 jam. Dari berbagai putaran WEC 2021 untuk kelas LMP2, Sean Gelael mampu membawa tim JOTA#28 naik podium. Mengibarkan bendera Merah Putih, mengharumkan nama Indonesia," ujar Bamsoet di Jakarta, Senin (23/8/21).

Ketua DPR RI ke-20 ini menjelaskan, di putaran pertama WEC 2021, 6 Hours of Spa-Francorchamps di Belgia pada 1 Mei 2021, Sean Gelael bersama rekan setimnya, pembalap Belgia Stoffel Vandoorne dan pembalap Inggris Tom Blomqvist, berhasil membawa JOTA#28 naik podium dengan finish di posisi ketiga. Kemudian kembali naik podium dengan finish di posisi kedua dalam putaran kedua, 8 Hours of Portimao di Portugal pada 13 Juni 2021.

"Berhasil naik podium di dua putaran awal WEC 2021 tidak membuat jalan yang ditempuh Sean Gelael dan rekan setimnya di JOTA#28 menjadi lebih mudah. Di putaran ketiga, 6 hours of Monza di Italia pada 18 Juli 2021, mereka harus menerima finish di posisi kelima.

Mereka kemudian membalasnya dengan kembali naik podium di putaran keempat, 24 Hours of Le Mans di Perancis pada 21-22 Agustus 2021, dengan finish di posisi kedua," jelas Bamsoet.

Wakil Ketua Umum Partai Golkar ini menuturkan, selain di WEC 2021, Sean juga pernah naik podium dengan di putaran ketiga European Le Mans Series (ELMS), 4 Hours of Monza di Italia pada 11 Juli 2021.

Saat itu, bersama pembalap Malaysia Jazeman Jaafar, Sean Gelael berhasil membawa tim JOTA#82 naik podium dengan finish di posisi ketiga.

"Di ajang Asian Le Mans Series, Sean juga dua kali naik podium bersama JOTA#28. Yakni inish di posisi kedua pada putaran pertama 4 Hours of Dubai pada 13 Februari 2021. Serta finish di posisi pertama pada putaran ketiga, 4 Hours of Abu Dhabi pada 19 Februari 2021," terang Bamsoet.

Ketua Umum Pengurus Besar Keluarga Olahraga Tarung Derajat (PB KODRAT) ini menambahkan, doa dan dukungan rakyat Indonesia tidak akan pernah berhenti agar Sean Gelael bisa kembali mengibarkan bendera Merah Putih di dua putaran sisa WEC 2021.

Putaran kelima, 6 hours of Bahrain, dan putaran keenam sebagai penutup WEC 2021, 8 Hours of Bahrain, akan diselenggarakan pada 30 Oktober 2021 dan 6 November 2021 di Bahrain.

"Sean Gelael punya rekam jejak yang sangat bagus dalam ajang balap ketahanan dunia. Rasanya naik podium di dua putaran sisa WEC 2021 bukan hal yang mustahil untuk kembali ia persembahkan bagi bangsa Indonesia," pungkas Bamsoet. (*)

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])