Menteri Australia Dinonaktifkan Gara-gara Tendang Staf Selingkuhan dari Ranjang

Nusantaratv.com - 02 Desember 2021

Bendera Australia/ist
Bendera Australia/ist

Penulis: Ramses Manurung

Canberra, Nusantaratv.com-Seorang menteri di Australia dinonaktifkan dari jabatannya karena dituduh telah berbuat kasar terhadap seorang mantan staf yang juga selingkuhannya. Kasusnya sedang diselidiki otoritas setempat. Penonaktifan Menteri Pendidikan dan Pemuda, Alan Tudge diumumkan langsung oleh Perdana Menteri (PM) Scott Morrison.

Hasil penyelidikan terhadap kasus tersebut menguak fakta mengejutkan bahwa pelecehan seksual dan bullying marak di parlemen Australia. Anggota parlemen maupun para staf terdampak budaya 'sexist' yang ada pada lembaga legislatif tersebut.

Mantan staf pemerintah, Rachelle Miller, pada Kamis (2/12), menuduh Menteri Pendidikan dan Pemuda, Alan Tudge, telah melakukan tindak kekerasan secara emosional dan fisik selama keduanya menjalin hubungan tahun 2017 lalu. Tuduhan itu telah dibantah oleh Tudge.

Miller pertama kali mengungkapkan secara terbuka soal perselingkuhan Tudge dengan dirinya tahun lalu.

Namun ia menyebut hubungan itu menjadi 'hubungan yang kasar secara emosional dan secara fisik pada satu kesempatan' yang 'didefinisikan oleh ketidakseimbangan kekuatan'.

Baca juga: Istri Luka Bakar Parah Akibat Disiram Air Keras oleh Suami

Miller menuduh Tudge menendang dirinya hingga dia terjatuh dari tempat tidur ke lantai. Dugaan kekerasaan itu dilakukan Tudge setelah dia menjawab panggilan telepon untuk urusan pekerjaannya pada pukul 04.00 waktu setempat. Miller menyebut Tudge saat itu 'marah' karena terbangun dari tidurnya usai pergi minum-minum pada malam hari.

"Saya merasa seseorang menendang saya di bagian samping pinggul dan kaki saya, saat saya berupaya duduk di tempat tidur. Itu adalah sang menteri," ucapnya, mengutip detikcom, Kamis (2/12/2021).

Tak lama setelah Miller memberi pernyataan, PM Morrison menyampaikan kepada parlemen bahwa Tudge sepakat untuk dinonaktifkan saat penyelidikan yang menjerat dirinya diselidiki melalui 'proses yang independen dan adil'.

"Ini adalah tindakan yang tepat untuk saya ambil di bawah standar kementerian. Saya menekankan bahwa Menteri Tudge menyambut baik proses ini," kata Morisson.

Tudge sendiri menyangkal tuduhan-tuduhan yang menjeratnya, dengan menyatakan dirinya 'sepenuhnya' menolak klaim versi Miller.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])