Menteri Airlangga Pimpin PTM Pada Kegiatan BIMP-EIGA

Nusantaratv.com - 25/11/2022 13:15

Wagub Kalbar Ria Norsan didampingi Kepala Biro Perekonomian Setda Provinsi Kalbar Frans Zano dan perwakilan instansi pemerintahan di lingkungan Pemerintah Provinsi Kalbar menyambut kedatangan Menko Perkonomian Airlangga Hartanto. ANTARA/Rendra Oxtora
Wagub Kalbar Ria Norsan didampingi Kepala Biro Perekonomian Setda Provinsi Kalbar Frans Zano dan perwakilan instansi pemerintahan di lingkungan Pemerintah Provinsi Kalbar menyambut kedatangan Menko Perkonomian Airlangga Hartanto. ANTARA/Rendra Oxtora

Penulis: Alber Laia

Nusantaratv.com - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto akan memimpin Pertemuan Tingkat Menteri (PTM) BIMP-EAGA Ke-25 di Kabupaten Kubu Raya, Kalbar, Jumat.

"Alhamdulillah, saya sudah tiba di Kalimantan Barat hari ini, selanjutnya akan melakukan pertemuan tingkat menteri pada kegiatan BIMP-EIGA Ke-25," kata Airlangga saat tiba di Bandara Supadio Kubu Raya, Kamis (24/11).

Airlangga mengatakan bahwa PTM BIMP-EAGA Ke-25 mengangkat tema Supporting Competitiveness, Climate Resilience. Tema ini sejalan dengan prioritas yang diusung oleh Indonesia dalam Presidensi G20 tahun 2022 dan dilanjutkan dengan Keketuaan Indonesia pada ASEAN pada tahun 2023.

Terdapat beberapa pertemuan penting yang termasuk dalam rangkaian BIMP-EAGA Ke-25, antara lain, pertemuan Sekretariat Nasional, Forum Pengusaha, Pertemuan Pejabat Senior, Pertemuan Gubernur dan Kepala Daerah, Business Forum, dan diakhiri dengan Pertemuan Tingkat Menteri.

"Yang tak kalah penting adalah mengembangkan kerangka pemulihan pariwisata, investasi hijau, serta mempromosikan energi baru dan terbarukan (EBT) menuju keberlanjutan dan ketahanan ekonomi," tuturnya.

Pada kegiatan tersebut, Menko Airlangga juga akan memimpin dua PTM, yaitu retreat pada tanggal 25 November 2022 dan pleno pada tanggal 26 November 2022. Selanjutnya, penanaman mangrove menggunakan aplikasi digital.

Dengan aplikasi ini, kata dia, para penanam dapat memantau perkembangan mangrove yang ditanam secara berkala dan real time.

Di tempat yang sama, Wakil Gubernur Kalbar Ria Norsan mengatakan bahwa Provinsi Kalbar menjadi tuan rumah Pertemuan Tingkat Menteri (PTM) BIMP-EAGA Ke-25 dan mengapresiasi kegiatan tersebut.

"Saya sangat bersyukur Kalbar menjadi tuan rumah Pertemuan Tingkat Menteri BIMP-EAGA ini sehingga bisa mendorong pertumbuhan ekonomi di Kalbar," kata Ria Norsan.

Selain itu, diharapkan pula pertemuan ini bisa dicapai hasil pertemuan yang diinginkan oleh semua pihak.

"Semoga bisa menghasilkan capaian-capaian kesepakatan antarnegara peserta yang mengikuti BIMP-EAGA," ujarnya.(Ant)

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

Komentar belum ada.
Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in