Menpora Pastikan Tak Ada Perbedaan Antara PON dan Peparnas

Nusantaratv.com - 01 November 2021

Menpora Zainudin Amali
Menpora Zainudin Amali

Penulis: Arfa Gandhi | Editor: Arfa Gandhi

Nusantaratv.com - Menpora Zainudin Amali menegaskan bahwa pemerintah mengedepankan kesetaraan, baik PON maupun Peparnas yang sama-sama dihelat di Bumi Cendrawasih.

Menurutnya, baik PON maupun Peparnas diperlakukan sama, tidak ada perbedaan dari dukungan fasilitas dan segala hal yang terkait dua penyelenggaraan multi even terbesar nasional ini.

"Itulah tekad kami untuk melaksanakan Peparnas ini, karena tidak ada bedanya antara PON dan Peparnas, semua kita fasilitasi sama," kata Amali, Senin (1/11) siang.

"Yang membedakan hanya dari jumlah cabor yang dipertandingkan, Peparnas hanya 12 sementara PON 37, dan orangnya hanya sekitar 3.500-an yang tercatat, sementara PON 10 sampai 12.000. Kemudian pembedanya Peparnas hanya di Kota dan Kabupaten Jayapura, sementara yang PON ada tambahan di Merauke dan Mimika," terangnya.

Sebagaimana diketahui bahwa PON Papua dinilai sukses, oleh karenanya target suksesnya juga sama dicanangkan pada Perpanas 2021.

"Saya sudah sampaikan kepada PB Peparnas, dari penyelenggaraan PON kita ada catatan apa yang menjadi kekurangannya di Peparnas ini tidak boleh begitu lagi," ucapnya sebagai bagian evaluasi.

"Untuk target suksesnya sama, sukses penyelenggaraan, sukses prestasi, sukses ekonomi, sukses administrasi, bahkan sukses penerapan untuk disiplin Covid-19," imbuhnya.

Ada yang menjadi perhatian lebih karena pesertanya para atlet-atlet disabilitas maka diperlukan pelayanan-pelayanan khusus.

"Saya kemarin cek contohnya untuk transportasi ada modifikasi-modifikasi alat-alat transportasi sudah dilakukan. Kemudian semua atlet ditempatkan di hotel karena disitu ada fasilitas yang lebih baik," jelasnya lagi.

Adapun untuk apresiasi dan pembinaan, baik Menpora maupun Staf Khusus Presiden RI Angkie Yudistia menyampaikan bahwa perhatian pemerintah sama dan setara kepada paralimpian.

Bahkan saat di Paralimpiade Tokyo menorehkan prestasi luar biasa dengan mampu menempati peringkat 43 dunia, Presiden RI Joko Widodo langsung memerintahkan kepada Menpora untuk membangun Traning Camp yang sama sebagaimana yang di bangun di Cibubur untuk para atlet Olimpiade.

"Presiden RI Joko Widodo memberikan perhatian yang setara, karena para atlet disabilitas juga mampu menunjukkan prestasi luar biasa untuk negara. Bonusnya sama, dan akan dibangunkan Traning Camp yang sama," kata Stafsus Angkie.

Adapun Wali Kota Jayapura Benhur Tomi Mano (BTM) sebagai representatif pemerintah Papua menyiapkan penyambutan yang baik terhadap seluruh kontingen paralimpian. Kesuksesan Jayapura, Papua, adalah kesuksesan Indonesia.

"Jayapura, Papua, adalah daerah yang aman, daerah yang kondusif, mari datang ke kami, kami akan menyambut dengan damai dengan suka cita, dengan senyum, datang dengan sehat pulang dengan sehat, semua meraih prestasi untuk Indonesia. Kami siapkan semua fasilitas, sukses Peparnas sukses Indonesia, sekali NKRI tetap NKRI, sekali Merah Putih tetap Merah Putih," kata  BTM, Wali Kota Jayapura yang selalu optimis dan semangat.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])