Menpora Ingin Seluruh Stakeholder Olahraga Terapkan Sport Science dan Sport Psikologi Menuju Olimpiade 2024 Paris

Nusantaratv.com - 29 Maret 2024

Menpora Dito Ariotedjo
Menpora Dito Ariotedjo

Penulis: Arfa Gandhi

Nusantaratv.com - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo ingin federasi dan atlet menerapkan penggunaan sport science hingga sport psikologi  sebagai persiapan menuju Olimpiade 2024 Paris diintensifkan.

"Untuk persiapan Olimpiade Paris 2024 ini, kita intensifkan koordinasi antara Kemenpora, KOI dan federasi. Kemudian mewajibkan semua cabor dan atletnya itu kita sudah pantau dengan menggunakan sport science hingga sport psikologi," kata Menpora Dito usai menghadiri Bukber KOI di Hotel Bidakara, Jakarta, Kamis (28/3).

"Jadi, untuk sekarang ini benar-benar kita pantau secara komprehensif dari datanya dan semua relatif tidak ada lagi atlet yang berlatih secara konservatif atau klasik melainkan sudah melibatkan penggunaan teknologi," jelas Menpora Dito pada acara yang mengangkat tema '72 Tahun Menjaga Merah Putih'.

Menurut Menpora koordinasi dan kombinasi yang baik akan memberikan dampak positif, motivasi dan semangat tersendiri bagi atlet sehingga meningkatkan kepercayaan diri mereka untuk mengharumkan nama Indonesia di level dunia.

"Untuk olimpiade ini kita sudah banyak kirim atlet berlatih di luar dan menggunakan pelatih dan pakar asing dan lokal untuk pembandingnya. Jadi, ada kombinasi dan semua dikelola dan dipantau antara Kemenpora, NOC dan cabor," ujar Menpora Dito didampingi Deputi Peningkatan Prestasi Olahraga Surono.

"Jadi, saya rasa kita akan lihat uji cobanya dengan turun langsung, kalau bisa semua atlet kita secara personal kita sentuh secara personal. Ini cara kita memberikan energi sebagai motivasi dan kepercayaan mereka," papar Menpora Dito.

Menteri termuda di Kabinet Presiden Jokowi ini tak henti-hentinya memberikan dukungan kepada seluruh cabor menuju Olimpiade 2024 Paris. Ia berharap prestasi yang membanggakan akan lahir sebagai hadiah di Pemerintahan Presiden Jokowi.

"Saya selalu berikan dorongan, support dan dukungan kepada seluruh cabor dan atlet karena saya berharap ini menjadi olimpiade bersejarah. Kami juga sudah lakukan koordinasi dengan cabor jika ada program dan kebutuhan yang kurang kami diberitahu. Karena kita ingin olimpiade ini bisa menjadi penutup pemerintahan Pak Jokowi yang sangat baik dalam prestasi olahraga level dunia," pungkasnya.

Sembilan wakil Indonesia yang telah lolos ke Olimpiade Paris 2024:

1. Atlet panahan putra Arif Dwi Pangestu
2. Atlet panahan putri Diananda Choirunisa
3. Atlet senam artistik Rifda Irfanaluthfi 
4. Atlet menembak putra Fathur Gustafian
5. Atlet panjat tebing putra Rahmad Adi Mulyono 
6. Atlet panjat tebing putri Desak Made Rita Kusuma Dewi
7. Peselancar putra Rio Waida 
8. Atlet lari putra Lalu Muhammad Zohri
9. Atlet lari putri Odekta Naibaho

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])