Menpora Ingin Berikan Kado Terbaik Untuk Presiden dari Olimpiade 2024 Paris

Nusantaratv.com - 28 Maret 2024

Menpora Dito Ariotedjo
Menpora Dito Ariotedjo

Penulis: Arfa Gandhi

Nusantaratv.com - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo ingin Kontingen Indonesia memberikan kado terbaik buat Presiden Joko Widodo dari Olimpiade 2024 Paris.

Untuk itu, Menpora Dito akan memantau persiapan atlet sekaligus memenuhi seluruh kebutuhan demi tercapainya prestasi yang lebih baik.

“Silahkan ajukan kebutuhan yang dianggap masih kurang. Kemenpora akan memenuhinya. Dan, saya akan memantau seluruh persiapan atlet untuk tampil di Olimpiade 2024 Paris. Dalam persiapan nanti, Kemenpora dipastikan akan melibatkan sports science dan psikolog sports dalam upaya meraih prestasi maksimal. Kita berusaha memberikan kado terbaik dari Olimpiade 2024 buat Presiden Jokowi nanti,” kata Menpora Dito saat acara buka puasa Komite Olimpiade Indonesia (KOI/NOC Indonesia) dengan Nasional Federasi (PB/PP) di Hotel Bidakara Jakarta Selatan, Kamis (28/3/2024).

Ketika ditanyakan berapa target medali di Olimpiade 2024 Paris, Menpora Dito menjawab, “Kita masih punya peluang untuk meloloskan atlet lagi ke Olimpiade 2024 Paris. Yang pasti, kita akan berusaha meraih hasil lebih baik dari Olimpiade 2020 Tokyo.”

Pada Olimpiade Tokyo 2021 yang akan dilaksanakan di Tokyo, Jepang pada 23 Juli hingga 10 Agustus tahun ini, Indonesia akan memberangkatkan sebanyak 28 atlet dan 17 ofisial dari 8 cabang olahraga (cabor). Kedelapan cabor tersebut yaitu atletik, panahan, rowing, menembak, bulu tangkis, angkat besi, renang, dan selancar.

Di pesta olahraga akbar dunia empat tahunan tersebut, Kontingen Merah Putih  membawa pulang lima medali (1 emas, 1 perak, dan 3 perunggu). Satu-satunya medali emas disumbangkan pasangan ganda putri bulu tangkis Greysia Polii/Apriyani Rahayu.

Sedangkan 1 medali perak didapatkan lifter angkat besi senior Eko Yuli Irawan. Kemudian, 3 perunggu dihasilkan lifter angkat besi putri Windy Cantika Aisah, lifter angkat besi putra Rahmat Erwin Abdullah dan pebulutangkis tunggal putra Anthony Sinisuka Ginting.

Lebih jauh Menpora Dito meminta pihak PB/PP membuat road map pembinaan olahraga untuk program jangka pendek, menengah dan panjang dalam upaya mencapai prestasi di ajang internasional dan Olimpiade. Dengan adanya road map tersebut, kata Menpora Dito, bisa tersusun anggaran yang dibutuhkan.

”Kita harus punya road map olahraga sehingga alokasi dana bisa jelas begitu juga dengan sasaran prestasi ke depan,” tegas Dito yang menyebut Presiden Prabowo Subianto pasti akan memperhatikan masalah pembinaan olahraga karena sosoknya dari kalangan masyarakat olahraga yakni Ketua Umum PB IPSI.

Hingga saat ini, Indonesia sudah meloloskan 9 atlet ke Olimpiade 2024 Paris. Yakni, Arif Dwi Pangestu, Diananda Choirunisa/Riau Egha Agatha Salsabila dari panahan, Rifda Irfanaluthfi dari senam artistik. Kemudian Desak Maderita Kusuma Dewi dan Rahmat Adi Mulyono dari panjat tebing, Fathur Gustafian dari menembak, Rio Waida dari cabang selancar serta Lalu Muhammad Zohri dan Odekta Elvina Naibaho dari atletik dengan fasilitas Wild Card.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])