Menpora Dukung PBVSI Gelar Kompetisi Proliga Bola Voli

Nusantaratv.com - 17 Desember 2021

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali

Penulis: Arfa Gandhi | Editor: Arfa Gandhi

Nusantaratv.com - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali kembali menunjukan dukungannya agar penyelenggaraan kegiatan olahraga di Tanah Air kembali bergulir setelah terhenti akibat pandemi COVID-19.

Usai berhasil menggulirkan kompetisi Sepakbola Liga 1 dan Liga 2 musim 2021/2022 Juli lalu, kini Menpora Amali berupaya menggulirkan kompetisi Pro Liga Bola Voli musim 2022.

Salah satu langkah yang dilakukan Menpora Amali yakni menggelar rapat koordinasi terkait persiapan penyelenggaraan dan membahas penerapan protokol kesehatan yang akan diterapkan saat kompetisi bergulir nanti.

Dalam rakor yang digelar di Auditorium Wisma Kemenpora RI, Senayan Jakarta Pusat, Jumat (17/12) siang, Menpora Amali mengundang Ketua Umum Pengurus Pusat (PP) Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI), Imam Sudjarwo, Sekretaris Jenderal PP Perbasi (Persatuan Basket Seluruh Indonesia), Nirmala Dewi, Direktur Proliga Hanny S. Surkatty, Kabagrenops Robinops Sops Polri, Kombes Pol. Wawan Kristyanto serta perwakilan dari Kementerian Kesehatan dan Satgas COVID-19 BNPB.

Berdasarkan laporan dan pemaparan masing-masing pimpinan dua cabang olahraga tersebut, Pro Liga rencananya akan dilaksanakan pada tanggal 7 Januari – 27 Maret 2022 di Padepokan Voli Jenderal Polisi Kunarto dengan tanpa penonton.

“Kita baru saja melakukan rapat koordinasi dalam kaitan Proliga atau kompetisi Bola Voli kita yang sempat terhenti beberapa waktu yang lalu. Sekarang sudah akan dimulai kembali. Tadi yang kami rapatkan adalah tentang penyelenggaraan dan juga penerapan protokol kesehatan,” kata Menpora Amali.

Namun demikian, terkait adanya varian baru COVID-19 Omicron yang sudah masuk di Indonesia, Menpora mengatakan Proliga maupun IBL sudah melaporkan rencana kegiatan mereka termasuk protokol kesehatan yang akan diterapkan selama kegiatan berlangsung.

“Semua rencana yang disampaikan baik oleh Proliga maupun IBL itu sudah diterima Kemenkes, Satgas COVID-19 dan juga Kepolisian. Jadi belum ada perlakuan khusus, tetapi diminta untuk lebih berhati-hati dan disiplin menerapkan protokol kesehatan,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Umum Pengurus Pusat (PP) Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI), Imam Sudjarwo, menyampaikan Proliga yang merupakan kompetisi bergengsi di Indonesia akan digelar 7 Januari – 27 Maret 2022 di Padepokan Voli Jenderal Polisi Kunarto. Dalam kegiatan ini akan menarik karena masing-masing klub memiliki dua pemain asing.

“Kerinduan masyarakat akan terobati dengan Proliga 2022 akan dimainkan lagi mulai 7 Januari sampai dengan 27 Maret. Kalau biasanya (berlangsung) selama lima bulan, kali ini kita hanya akan tiga bulan karena setelah itu kita akan menghadapi SEA Games di Vietnam,” jelasnya.

Menurutnya, selama kegiatan Proliga, akan dilaksanakan di satu tempat mulai dari babak penyisihan, empat besar dan hingga final akan dilaksanakan tanpa penonton.

“Silakan bagi masyarakat yang ingin melihat kita siarkan secara live. Siapa yang akan menonton karena tidak bisa hadir di tempat pertandingan maka bisa nonton secara live,” ujarnya. 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])