Menpora: DBON Jadi Jaminan Pabrik Prestasi Olahraga Indonesia

Nusantaratv.com - 08 September 2021

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali

Penulis: Arfa Gandhi | Editor: Arfa Gandhi

Nusantaratv.com - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali mengatakan desain besar olahraga nasional atau DBON akan diluncurkan bertepatan saat peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) ke-38 tahun 2021. DBON ini diharap bisa menjadi jaminan untuk prestasi olahraga Tanah Air.

“Dengan desain besar olahraga nasional ini kita mempunyai kepastian, mempunyai jaminan bahwa itu terstruktur dan terencana dengan baik dan jangka panjang. Jadi misalnya ditingkat (atlet) elite nasional itu pasti kita siapkan lapisannya kedua, ketiga dan berikutnya. Itu namanya terdesain,” kata Menpora Amali dalam konferensi pers secara virtual dari Kemenpora, Jakarta, Rabu (8/9).

Menpora Amali menegaskan, prestasi olahraga tersebut harus diciptakan. Kemudian, sport science dalam desain besar olahraga nasional memiliki peran yang cukup menonjol. Selain itu, juga ada sport tourism dan sport industry. DBON juga mengatur dari hulu hingga hilir.

“Hulu adalah tingkat kebugaran masyarakat. Masyarakat yang sehat dan bugar kita bisa dapatkan talenta atlet. Tak mungkin kita dapat talenta dari masyarakat yang tidak bugar. Sementara, hilirnya adalah prestasi. Untuk itu kita mendorong ini, olahraga menjadi budaya masyarakat kita,” ujar Menpora Amali.

Haornas ini sendiri diperingati setiap 9 September. Menpora Amali menyampaikan, tema yang diangkat pada Haornas ke-38 yakni desain besar olahraga nasional menuju Indonesia maju. Peringatan Haornas akan berlangsung di GOR Popki, Cibubur, Jakarta.

“Peringatan Haornas ke-38 ini masih tetap dalam suasana pandemi Covid-19. Ini masih sama dengan Haornas pada tahun lalu. Lahirnya DBON adalah jawaban dari arahan Bapak Presiden Joko Widodo saat Haornas tahun lalu. Saya kira mohon dukungan dari semua pihak agar implementasinya bisa berjalan dengan baik,” terang Menpora Amali.

Lebih lanjut, Menpora Amali kembali menerangkan bahwa sasaran utama dalam desain besar olahraga nasional ini adalah Olimpiade dan Paralimpiade. DBON juga memberi ruang kepada atlet Olimpiade dan Paralimpiade, bahwa kini tidak ada lagi perbedaan.

“Pemerintah memberikan fasilitas yang sama. Tujuan dalam DBON jelas yaitu sasaran utamanya tentang prestasi ditingkat Olimpiade dan Paralimpiade. Kita tetap persiapkan ini dan semua unsur terlibat, baik ditingkat pusat maupun daerah. Kita akan memiliki desain besar olahraga nasional,” jelas Menpora Amali.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])