Menlu RI dan Australia Bertemu di New York, Bahas Persiapan KTT G20 Bali

Nusantaratv.com - 21/09/2022 09:05

Menlu Retno Marsudi (kanan) berbicara dengan Menlu Australia Penny Wong di New York, Amerika Serikat, Selasa (20/9/2022). (Kemenlu RI)
Menlu Retno Marsudi (kanan) berbicara dengan Menlu Australia Penny Wong di New York, Amerika Serikat, Selasa (20/9/2022). (Kemenlu RI)

Penulis: Tri Budi Purnomo

Nusantaratv.com - Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi bertemu empat mata dengan Menlu Australia, Penny Wong.

Pertemuan keduanya terjadi di sela-sela rangkaian Sidang ke-77 Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) di New York, Amerika Serikat (AS), pada Selasa (20/09/2022).

Kedua Menlu itu berdiskusi mengenai persiapan KTT G20 di Bali, pada 15-16 November 2022.​ Dalam keterangan di laman resmi Kementerian Luar Negeri RI, Rabu (21/9/2022), Menlu Retno Marsudi menyampaikan pandangan di mana momentum pelaksanaan KTT G-20 perlu dimanfaatkan untuk menunjukan peran penting G20 dalam membantu memberikan solusi atas berbagai tantangan global. 

Untuk itu dukungan dari sesama anggota G20 sangat penting demi kesuksesan KTT G20 mendatang. Dalam pertemuan itu, Menlu Wong kembali menyampaikan dukungan Australia terhadap presidensi Indonesia di G-20, khususnya KTT G20 mendatang. 

Australia juga mengapresiasi berbagai pendekatan dan diskusi yang dilakukan Indonesia dalam memastikan dukungan penuh dari negara-negara anggota G20 terhadap berbagai kerja sama konkrit yang dihasilkan dari presidensi Indonesia dan KTT G20.

Indonesia dan Australia juga sepaham jika di tengah tantangan dan situasi global saat ini, G20 harus memberikan manfaat bukan hanya ke negara-negara anggota G20, namun juga bagi komunitas internasional termasuk negara-negara berkembang.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

Komentar belum ada.
Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in