Menlu Retno Marsudi Bertemu Presiden Palang Merah Internasional, Bahas Kerja Sama Kemanusiaan untuk Myanmar dan Afghanistan

Nusantaratv.com - 24 September 2022

Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi bertemu Presiden Palang Merah Internasional (International Committee of the Red Cross/ICRC), Peter Maurer, di New York, Amerika Serikat (AS). (Kemenlu)
Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi bertemu Presiden Palang Merah Internasional (International Committee of the Red Cross/ICRC), Peter Maurer, di New York, Amerika Serikat (AS). (Kemenlu)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Situasi dan bantuan kemanusiaan untuk Myanmar dan Afghanistan menjadi pokok bahasan utama pertemuan antara Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi dengan Presiden Palang Merah Internasional (International Committee of the Red Cross/ICRC), Peter Maurer.

Pertemuan keduanya dilakukan di sela-sela rangkaian Sidang ke-77 Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) di New York, Amerika Serikat (AS), pada Jumat (23/9/2022).

Pertemuan tersebut juga dilakukan sebagai pertemuan perpisahan, mengingat Presiden Palang Merah Internasional itu akan segera mengakhiri masa tugasnya. ICRC dan Indonesia banyak melakukan kerjasama, termasuk di negara-negara yang sedang mengalami krisis kemanusiaan.

Dalam pertemuan tersebut, Menlu Retno Marsudi dan Presiden ICRC melakukan tukar pandangan mengenai kondisi kemanusiaan di beberapa negara, antara lain Myanmar, Rohingya dan Afghanistan. 

"Kondisi masyarakat Rohingya di pengungsian perlu terus mendapatkan perhatian di tengah dunia yang menghadapi banyak krisis. Situasi Myanmar setelah kudeta, menjadi lebih sulit untuk melakukan repatriasi Rohingya ke Myanmar secara sukarela, aman dan bermartabat," kata Menlu Retno Marsudi dalam keterangannya, dikutip Sabtu (24/9/2022). 

Menlu Retno Marsudi dan Presiden ICRC sepakat bahwa bantuan kemanusiaan ke Myanmar harus mencapai para pihak yang memerlukan tanpa diskriminasi.

Sedangkan mengenai Afghanistan, menteri kelahiran Semarang, Jawa Tengah (Jateng), 59 tahun silam itu, menyampaikan prioritas Indonesia saat ini, termasuk perhatian Indonesia terhadap isu akses pendidikan bagi perempuan di Afghanistan.  

Menlu Retno Marsudi juga menjelaskan kerjasama yang dilakukan bersama dengan Qatar untuk Afghanistan, termasuk dialog antar ulama.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])