Menkes: Masalah Mental Bisa Jadi Gelombang 4 Pandemi

Nusantaratv.com - 10 September 2021

Menkes Budi Gunadi Sadikin. (Net)
Menkes Budi Gunadi Sadikin. (Net)

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Menteri Kesehatan (Menkes) RI Budi Gunadi Sadikin mengatakan masalah kesehatan mental dapat menjadi gelombang keempat dari pandemi Covid-19 . Hal ini bisa saja terjadi apabila tak diatasi secara global.

"Saat kita menghadapi beban penyakit, pencegahan dan manajemen yang semakin meningkat untuk penyakit tidak menular (termasuk kesehatan mental) membutuhkan lebih banyak perhatian sekarang," kata Budi dalam pernyataan resmi, saat pertemuan G20 di Roma, Italia, Minggu (5/9/2021).

Jumlah kematian Covid-19 yang tak proporsional di kalangan pasien dengan komorbiditas, hanya menyoroti kebutuhan untuk mereformasi sistem perawatan penyakit tak menular, lanjut Budi.

"Terlebih lagi, masalah kesehatan mental yang berkembang. Jika dibiarkan hanya akan menjadi gelombang keempat dari pandemi yang sedang berlangsung ini," ujarnya.

Dalam pertemuan itu, Budi juga menyampaikan soal pelayanan kesehatan esensial untuk kesehatan ibu dan anak yang perlu dipertahankan, tanpa menjumpai adanya kegagalan.

"Saya percaya bahwa investasi dalam kehidupan anak-anak niscaya akan membuahkan hasil yang tinggi dalam pembangunan suatu bangsa," tutur Budi.

Dengan demikian, sambung Budi, pelayanan antenatal atau pemeriksaan kehamilan yang berkualitas, akses ke persalinan yang aman, imunisasi rutin, memastikan nutrisi untuk ibu dan anak, merupakan intervensi terpenting yang dibutuhkan dunia untuk meningkatkan kesehatan secara global.

Budi juga mengutarakan butuh komitmen global untuk pembiayaan berkelanjutan guna memerangi penyakit menular yang tak terbatas pada TBC, HIV/AIDS dan malaria.

Indonesia sebagai bagian dari kelompok G20, ia mengajak negara anggota untuk memfokuskan energinya demi membangun sistem kesehatan global yang lebih tangguh.

"Terlepas dari semua tantangan yang mungkin dibawa oleh perubahan (Covid-19), mari kita pilih kemajuan menuju kebaikan kesehatan dan kesejahteraan untuk semua," ujar Budi.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])