Mengenang Avi Naif dan Sensasi Seleb Transgender Saat Ini

Nusantaratv.com - 19 Januari 2022

Avi Naif. (net)
Avi Naif. (net)

Penulis: Alamsyah

Nusantaratv.com - 19 Januari 2006 model Avi Naif menghembuskan nafas terakhir. Avi Naif meninggal dunia 16 tahun lalu akibat penyakit kanker paru-paru yang dideritanya.

Semasa hidup, seleb transgender Indonesia ini dikenal luas publik setelah menjadi model video klip untuk lagu band Naif berjudul "Posesif".

Berkat aktingnya di video klip band Naif itu, Avi Naif yang punya nama pria Joko Wiryanto Suwito, berhasil meraih penghargaan di ajang musik, katagori Best Model Video Klip MTV tahun 2001. Lagu Posesif Naif sendiri dirilis ke publik tahun 2000.

Kehadiran Avi Naif di panggung hiburan tanah air sebagai selebriti Transgender saat itu, memang bisa dibilang sangat fenomenal. Dia menjadi selebriti Transgender yang populer, sebab kerap tampil di sejumlah program televisi Indonesia.

Kehadiran Avi Naif kala itu, memang bukan berkat adanya media sosial. Dia hadir di tengah masyarakat lewat media televisi maupun media lain seperti cetak, elektronik maupun online yang saat itu belum begitu banyak betul.

Jauh sebelum namanya populer sebagai model video klip band Naif, Avi Naif yang memiliki nama lain Jeanny Stavia pernah menyandang gelar "Ratu Waria Indonesia."

Avi Naif terkenal bukan karena dia membuat sensasi lebih dulu. Dia terkenal setelah menjadi model video klip lagu Posesif Naif. Setelahnya, barulah muncul beberapa berita sensasi mengenai dirinya.

Avi Naif tercatat pernah membuat heboh publik dengan rencana pernikahannya dengan seorang pria bernama Paul Jureen, padahal Avi Naif sendiri diketahui adalah seorang pria. Selama itu Avi Naif memang mengakui jika dirinya terlahir sebagai seorang wanita.

Avi Naif juga pernah mengejutkan panggung showbiz Indonesia ketika dirinya kedapatan memiliki narkoba jenis ganja. Peristiwa itu terjadi setelah Avi Naif menjadi model video klip band Naif tahun 2003 silam. Karena barang haram itu Avi Naif akhirnya mendekam di hotel prodeo selama hampir setahun.

Tak hanya itu juga, Avi Naif kembali membuat publik terheran-heran. Ketika dirinya meninggal dunia, sebelumnya Avi Naif meminta kepada orangtuanya agar dimakamkan sebagai seorang pria, bukan sebagai wanita.

Setelah 16 tahun kepergian Avi Naif, selebriti Indonesia yang berstatus transgender, satu per  satu bermunculan. Kehadiran  mereka yang bersamaan dengan maraknya media sosial, menjadi begitu mudah munculnya ke tengah publik.

Beberapa seleb transgender Indonesia yang muncul pasca kepergian Avi Naif, bisa dikatakan hadir dengan cara cukup instan yakni mereka  membuat pengakuan lewat media sosial.

Misalnya Gebby Vesta. Pada 2019 lalu, Gebby Vesta muncul secara tiba-tiba dan mengaku jika dirinya seorang transgender. Dia mengaku telah melakukan pergantian kelamin 6 tahun lalu sejak 2019.

Publik pun sontak terkejut karena pemunculan Gebby Vesta tersebut yang tiba-tiba menjadi viral lewat media sosial.

Ada pula Lucinta Luna yang disebut sebagai seleb transgender yang kerap terlibat keributan dengan sejumlah artis di media sosial. Dia juga pernah terjerat kasus narkoba dan kerap menyebut kalau dirinya adalah seorang wanita tulen, bukan seorang transgender.

Begitu pula dengan kehadiran seleb transgender lain seperti Millen Cyrus atau Milendaru. Seleb transgender ini adalah keponakan dari artis Ashanty. Dia juga sama seperti Lucinta Luna yang mengaku sebagai seorang wanita, bukan seorang transgender.

Polemik status Millen Cyrus yang kerap mengaku sebagai wanita tulen itu akhirnya menjadi konsumsi berita dan sempat menjadi viral karena sensasinya di media sosial.

Ada pula seleb transgender Dena Rachman. Dia juga membuat pengakuan yang tiba-tiba terkait statusnya. Dena Rachman mengaku kalau dirinya telah memilih untuk menjadi seorang transgender.

Adanya beberapa seleb transgender pasca kepergian Avi Naif 16 tahun silam, memang bisa dikatakan berbeda dalam konteks pemunculan awal mereka.

Jika Avi Naif muncul lewat aksinya menjadi model video klip band Naif, beberapa seleb transgender setelah itu, muncul justru dari pengakuan mereka di media sosial yang kemudian menjadi berita viral.

Setelah viral, beberapa diantaranya ada yang memanfaatkan media sosial sebagai alat atau media mereka dalam merawat sensasi bahkan popularitas mereka.

Barangkali jika Avi Naif muncul di era kehadiran seleb transgender saat ini, dia nggak perlu bertanya lagi seperti penggalan lirik lagu Posesif Naif ini,

"Mengapa aku begini
Jangan kau mempertanyakan".

 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])