Mengenal Gejala Flu Singapura yang Banyak Menyerang Balita

Nusantaratv.com - 19 Mei 2022

Ilustrasi anak penderita flu Singapura/ist
Ilustrasi anak penderita flu Singapura/ist

Penulis: Andi Faisal | Editor: Ramses Manurung

Nusantaratv.com-Flu Singapura adalah penyakit infeksi virus yang menyebabkan timbulnya sariawan di mulut dan luka lepuh di kulit.

Gejala umum flu Singapura biasanya berupa demam, sariawan, serta munculnya ruam dan bintik kemerahan di sekitar tangan, kaki, dan mulut. 

Flu Singapura juga dikenal dengan istilah medis hand foot mouth disease (HFMD) atau penyakit tangan kaki mulut (PTKM) dan banyak menyerang anak-anak di bawah lima tahun. Namun, tidak menutup kemungkinan anak di atas lima tahun dan orang dewasa terkena penyakit ini. 

Beberapa gejala flu singapura yang perlu diwaspadai: 

-Demam dan tidak enak badan 

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC), mengatakan penderita bakal merasakan demam atau suhu tubuhnya meningkat di atas normal setelah terpapar virus penyebab flu singapura. Selain demam, penderita biasanya juga merasakan gejala mirip flu seperti tidak enak badan, nafsu makan menurun, tidak mau menyusu untuk bayi, dan sakit tenggorokan. 

-Sariawan 

Satu atau dua hari setelah demam, penderita bakal mendapati sariawan yang menyakitkan di lidah, gusi, atau bagian dalam mulut lainnya. Ciri-ciri sariawan terkait flu singapura biasanya diawali dari luka seperti bintik merah kecil, kemudian bagian luka sariawan tersebut bakal semakin parah seperti melepuh dan terasa sakit. Dalam kondisi seperti ini, anak biasnaya tidak mau makan, susah disuruh minum, dan mengiler lebih banyak dari biasanya.

-Muncul ruam dan lepuh di beberapa bagian tubuh 

Munculnya ruam di telapak tangan, telapak kaki, lutut, siku, bokong, atau area sekitar popok selang satu sampai dua hari setelah demam menjadi gejala lain yang khas dari flu Singapura. 

Ciri-ciri ruam gejala flu Singapura biasanya diawali dari munculnya bintik-bintik merah datar atau luka lepuh. Luka berair di lepuh dan keropeng ini biasanya masih mengandung virus penyebab flu Singapura. 

Jaga luka lecet atau koreng tersebut tetap bersih dan jangan menyentuhnya agar penyakit tidak rentan menular. 

-Gejala lainnya

Jika penyakit cukup parah, ciri-ciri flu Singapura juga bisa ditandai dengan dehidrasi karena penderita susah menelan cairan dan lumpuh mirip polio. 
Sedangkan ciri-ciri flu Singapura pada orang dewasa biasanya cukup ringan atau tak bergejala. Meskipun tidak bergejala, penderita tetap bisa menularkan penyakitnya.

Apabila mendapati beberapa ciri-ciri flu Singapura segera periksa anak anda ke dokter atau pusat layanan kesehatan. 

Dokter biasanya bakal meresepkan obat untuk mengurangi gejala dan mencegah komplikasi penyakit agar tidak semakin parah. (dari berbagai sumber)

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])