Mengenal Cerebral Palsy yang Santer Dikaitkan dengan Ganja Medis

Nusantaratv.com - 28/06/2022 21:40

Ilustrasi ibu menggendong anaknya penderita cerebral palsy/ist
Ilustrasi ibu menggendong anaknya penderita cerebral palsy/ist

Penulis: Harry Prasetyo

Nusantaratv.com-Baru-baru ini viral di media sosial sebuah foto yang memperlihatkan aksi seorang ibu membawa poster bertuliskan "Tolong, anakku butuh ganja medis". Sang ibu mengajukan permohonan ganja medis demi mengobati anaknya yang menderita cerebral palsy

Lalu, apa itu cerebral palsy?

Cerebral palsy merupakan gangguan motorik yang memengaruhi kemampuan seseorang untuk bergerak serta menjaga keseimbangan dan postur.

Cerebral palsy disebabkan perkembangan otak yang tidak normal atau kerusakan pada otak yang sedang berkembang, sehingga memengaruhi kemampuan anak untuk mengontrol otot-ototnya.

Penyebab cerebral palsy bukan hanya kekurangan oksigen saat lahir, tetapi perkembangan otak yang tidak normal sebelum dan sesaat setelah anak lahir.

Bahkan, cerbral palsy bisa terjadi ketika anak memasuki usia satu bulan hingga tahun pertama.

Karena itu penting sekali mengenali gejala awal cerebral palsy. Gejala yang paling umum ditemui adalah keterlambatan perkembangan motorik anak seperti berguling, duduk, berdiri, berjalan, mengutip pikiranrakyatcom.

Gejala awal cerebral palsy bisa ditemui pada 3 kelompok usia berikut.

1. Bayi di bawah 6 Bulan

Gejala di usia ini bisa ditemui ketika seseorang mengangkat bayi dari posisi berbaring. Kepala bayi seakan-akan tertinggal, kakinya juga menjadi kaku dan membentuk posisi menyilang.

Selain itu, saat digendong, bayi tampak meregangkan punggung dan lehernya seolah-olah menjauh dari Anda.

2. Bayi di atas 6 Bulan

Gejala pada usia ini adalah bayi tidak bisa berguling ke kedua arah dan menyatukan kedua tangannya.

Bayi juga mengalami kesulitan untuk menggerakkan tangan ke mulutnya. Saat mengulurkan tangan, hanya satu tangan terulur sambil tetap mengepalkan tangan lainnya.

3. Bayi berusia di atas 10 Bulan

Pada usia ini, gejala yang terlihat adalah bayi merangkak dengan posisi miring, mendorong dengan satu tangan dan kaki, sambil menyeret tangan dan kaki yang berlawanan.

Bayi juga berguling-guling di pantatnya atau melompat berlutut, tetapi tidak merangkak dengan empat kaki.

Jika anak Anda mengalami gejala seperti itu, disarankan untuk segera menghubungi rumah sakit terdekat dan minta rujukan ke dokter spesialis.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

Komentar belum ada.
Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in

Berita Terkait
Ilustrasi kopi-1660110337
“Untag Banyuwangi Bangga Berkebaya”.-1660060594
Baking soda-1660058621