Mengapa Kucing Rumahan Tidak Bisa Mengaum?

Nusantaratv.com - 04 Oktober 2021

Ilustrasi kucing. (Net)
Ilustrasi kucing. (Net)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Kucing besar seperti singa dan harimau bisa mengaum. Tapi, mengapa kucing rumahan hanya bisa mengeong?

Alasan mengapa kucing rumahan tidak bisa mengaum karena kotak suara dan tenggorokan mereka, menurut situs berita Live Science. Disebutkan terdapat spesies kucing yang bisa mengaum atau mengeong, tetap tidak bisa melakukan keduanya.

Live Science melaporkan mengaum, suara unik yang tercipta saat kucing bernafas masuk dan keluar, adalah vokalisasi yang tampaknya telah berevolusi pertama kali pada kucing dan keluarga Felidae lainnya seperti kucing hutan dan puma.

Mengaum telah berevolusi pada kucing yang lebih besar, yang termasuk dalam genus Panthera, yang dimiliki oleh singa, harimau, dan macan tutul.

Baca Juga: Studi: Kucing Punya Tujuh Kepribadian dan Perilaku Aneh

Kotak suara kucing, atau laring, mengontrol suara yang mereka buat, yang membedakan kucing besar dengan kucing rumahan. Menurut Live Science, alasan kucing besar mengaum adalah karena mereka memiliki struktur tulang yang berbeda di tenggorokan.

Di sisi lain, auman kucing disebabkan oleh kotak suaranya dan otot-otot tertentu yang berputar. Perbedaan lainnya adalah kucing besar dapat mengaum karena pita suaranya terdiri dari lapisan jaringan yang lebih panjang dan lebih berat.

Ketika berbicara tentang kucing yang lebih kecil, kegunaan mengaum telah dibahas oleh para ilmuwan, dengan beberapa berspekulasi jika itu adalah mekanisme penyembuhan atau menenangkan yang mungkin membantu kucing menangkal predator.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])