Mendeteksi Penyakit Melalui Kondisi Kaki

Nusantaratv.com - 08/05/2022 08:52

Mendeteksi penyakit dari kaki.
Mendeteksi penyakit dari kaki.

Penulis: Armansyah | Editor: Supriyanto

Nusantaratv.com - Tubuh akan menunjukkan berbagai sinyal saat terjadi masalah di dalam sistemnya. Biasanya, tanda ini akan ditunjukkan melalui berbagai hal yang biasanya terlihat dan dapat dirasakan secara fisik. Nah, kaki menjadi salah satu bagian tubuh yang bisa menunjukkan berbagai gejala penyakit sebelum ditunjukkan oleh bagian tubuh yang lain. 

Menurut Carolyn McAloon, DPM, ahli penyakit kaki dan presiden California Podiatric Medication Association, kaki adalah bagian pertama yang akan terpengaruh jika ada masalah dengan saraf karena letaknya yang paling jauh dari jantung dan tulang belakang. Dibutuhkan kepekaan untuk dapat mendeteksi penyakit dari kaki melalui berbagai sinyal yang ditunjukkannya.

Berikut tanda-tanda yang bisa ditunjukan kaki terhadap kesehatan tubuh.

Kulit Kaki Kering dan Terkelupas
Jika anda menemukan kulit di sekitar tumit anda terlihat kering, pecah-pecah dan terkelupas, bisa menjadi kemungkinan bahwa ada yang tidak beres dengan kelenjar tiroid anda. Kelenjar tiroid adalah penghasil hormon tiroid yang berfungsi untuk menjaga metabolisme tubuh, tekanan darah, perkembangan jaringan dan fungsi syaraf.

Sebenarnya kulit kering juga bisa disebabkan oleh faktor cuaca. Namun apabila kulit kering pada tumit kaki anda dibarengi dengan kehilangan dan penurunan berat badan tanpa sebab yang jelas, dan juga anda merasakan tangan mati rasa serta pandangan menjadi kabur, sebaiknya Anda segera menghubungi dokter untuk mengkonfirmasikan kecurigaan tersebut.

Ibu Jari / Jempol Kaki Botak
Ibu jari pada kaki manusia umumnya memiliki sedikit rambut yang tumbuh pada kulit bagian atas jempol kaki. Rambut yang tumbuh pada ibu jari laki-laki biasanya tumbuh lebih tebal dan banyak dibandingkan pada ibu jari perempuan.

Jika anda melihat rambut yang ada pada ibu jari kaki Anda rontok atau bahkan botak sama sekali, hal ini bisa menandakan bahwa aliran darah tidak lancar. Salah satu penyebab kurangnya aliran darah pada jari-jari kaki adalah penyakit arteri perifer atau peripheral artery disease (PAD).

Anda sebaiknya berhati-hati apabila PAD tidak segera diobati, karena dapat menyebabkan serangan jantung atau stroke. Untuk itu, sangat penting bagi Anda untuk segera berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan kepastian sebelum terlambat.

Anda bisa mencegah penyakit peripheral artery disease (PAD) dengan membiasakan diri dengan pola hidup sehat antara lain dengan menghindari rokok dan makan dengan komposisi gizi yang seimbang disertai dengan olahraga yang teratur.

Kaki Mati Rasa
Seperti halnya dengan kebotakan pada ibu jari, mati rasa pada kaki juga bisa disebabkan oleh kurang lancarnya aliran darah, yang menjadi salah satu gejala penyakit peripheral artery disease (PAD). Anda mungkin akan mengalami mati rasa apabila dalam kondisi duduk yang terlalu lama, tetapi apabila anda mengalami mati rasa pada saat kondisi sedang aktif dan terjadi secara teratur sebaiknya hal ini menjadi perhatian serius untuk Anda.

Mati rasa pada kaki juga bisa merupakan gejala neuropati perifer yang terkait dengan diabetes tipe-2. Karena diabetes bisa mempersulit aliran darah ke kaki, apabila ada luka sulit untuk sembuh hingga bisa menyebabkan infeksi.

Apabila anda sering mengalami mati rasa pada kaki dan apabila ada luka pada kaki yang tidak kunjung sembuh, periksalah ke dokter sesegera mungkin dan cek kadar gula dalam darah untuk mencari kemungkinan adanya diabetes tipe-2.

Adanya Flek Hitam di bawah Kuku Kaki
Apabila jari anda tertimpa benda berat atau terjepit suatu benda yang berat, kemudian akan muncul flek hitam dibawah kuku kaki, hal ini merupakan hal yang wajar. Tetapi apabila ada flek atau garis hitam dibawah kuku kaki dan tidak Anda ketahui apa yang menjadi penyebabnya, sebaiknya anda patut curiga pada kemungkinan kanker kulit melanoma.

Gejala ini sering kali diabaikan sebagai penyebab kanker sehingga penanganannya sering kali sulit diatasi. Apabila anda menemukan sesuatu yang mencurigakan sebaiknya konsultasikan dengan dokter, dan apabila benar terdeteksi sebagai kanker melanoma maka peluang untuk bisa disembuhkan semakin besar karena sudah terdeteksi sejak dini. Flek hitam dibawah kuku kaki juga bisa disebabkan oleh jamur.

Nyeri Pada Kaki Pada Waktu Pagi Hari
Ketika anda bangun tidur pada pagi hari dan timbul rasa nyeri seperti terbakar atau linu, hal ini bisa menunjukkan sejumlah potensi masalah.

Pertama, ada kemungkinan hal tersebut disebabkan oleh gejala rheumatoid arthritis (RA), yang menyebabkan persendian kaki terasa senut-senut. Rheumatoid arthritis (RA) bisa anda kontrol dengan meminum obat dari dokter dan olahraga secara teratur.

Hal lainnya nyeri pada kaki saat bangun pagi juga bisa disebabkan oleh kram otot, karena ketika tidur pada posisi yang menekan otot kaki dalam jangka waktu yang lama. Kram juga bisa disebabkan oleh kurangnya kalsium, potasium dan magnesium. Sebaiknya diperhatikan pola makan anda dan minumlah air putih yang cukup.

Demikianlah cara melakukan diagnosa kesehatan tubuh kita dengan cara melihat keadaan atau kondisi kaki kita, semoga bermanfaat.

Sumber: isioksigen.net

0

Komentar belum ada.
Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in