Medina Warda Aulia Runner-Up pada Turnamen Catur Internasional di Spanyol

Nusantaratv.com - 25 Desember 2021

Medina Warda Aulia/ist
Medina Warda Aulia/ist

Penulis: Ramses Manurung

Barcelona, Nusantaratv.com-Master Internasional (MI) Medina Warda Aulia (2367) berhasil menduduki peringkat kedua atau runner-up  pada turnamen internasional VIII Sunway Sitges International Chess Festival di Barcelona, Spanyol, berakhir Jumat (24/12/2021) malam.

Gelar juara untuk kelompok putri yang bertanding digabung dengan putra direbut pecatur dari Bulgaria IM Nurgyul Salimova (2353).

Medina dan Salimova sama-sama mengemas 6 poin sehingga penentuan gelar juara di kelompok putri yang bertanding digabung dengan putra harus dan ditentukan dengan perhitungan tie-break. Pada tie-break pertama Medina berhasil mengimbangi Salimova dengan sama-sama mengemas 55 poin. Namun pada tie-break kedua Medina kalah 0,5 poin dengan skor 58,5 berbanding 58.

Turnamen catur internasional VIII Sunway Sitges International Chess Festival diikuti sebanyak 280 pecatur dari 45 negara. Tercatat ada 54 pecatur yang ambil bagian termasuk Juara Dunia Wanita 2004-2006 GM Antoaneta Stefanova (2475). Stefanova mengundurkan diri pada babak 10 atau babak terakhir lantaran poin yang dikemasnya sangat rendah yaitu 4,5 poin.

Baca juga: MI Gilbert Elroy Tarigan Raih Norma Pertama GM pada Turnamen Catur di Barcelona

PB Percasi mengirimkan sebanyak 16 pecatur yang terdiri dari 8 putra dan 8 putri dalam turnamen ini yang dijadikan ajang uji coba Tim Pelatnas Catur Indonesia. Selain Medina, pecatur putra Master Internasional (MI) Gilbert Elroy Tarigan juga berhasil menempati peringkat cukup tinggi. 

Gilbert Elroy Tarigan menempati urutan 5-14 dengan meraih 7,5 dari 10 babak. Gilbert yang tampil mengesankan sejak babak awal juga berhasil meraih norma GM pertamanya dalam turnamen ini.  

Sementara peringkat 1-4 dikuasai empat pecatur terbaik yang sama-sama mengemas 8 poin yaitu Grand Master (GM) dari Jerman, Dmitrij Kollars (2622), GM Nodirbek Abdusattorov (2633) dari Uzbekistan, GM Ivan Cheparinov (2664) dari Bulgaria dan GM Abhimanyu Puranik (2604) dari India. 
 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])