Masakan Khas Indonesia yang Mendunia

Nusantaratv.com - 21 Oktober 2021

Ilustrasi Sate (travellink-indonesia.com)
Ilustrasi Sate (travellink-indonesia.com)

Penulis: Supriyanto

Nusantaratv.com – Banyak tempat-tempat wisata menarik tersebar di wilayah Nusantara. Hal ini pun diakui oleh wisatawan mancanegara yang sering berkunjung ke Indonesia. Untuk itu sebagai bangsa Indonesia kita harus bangga dengan pengakuan dunia akan keindahan alam Indonesia ini.

Selain keindahan alam, ternyata banyak makanan khas Indonesia yang juga diminati oleh turis-turis asing yang datang ke Indonesia. Tak jarang banyak wisatawan asing yang datang ke Indonesia hanya untuk menikmati lezatnya makanan khas Indonesia.

Lalu apa sajakah makanan khas Indonesia yang banyak digemari itu? Berikut 7 makanan khas Indoneisa yang namanya sudah mendunia.

Rendang


Rendang, Makanan khas Indonesia (rendangdenlapeh.com)

Makanan yang satu ini memang beda dari yang lain, karena mempunyai rasa yang sangat khas. Kebanyakan, Rendang memiliki rasa yang pedas dengan bumbunya yang begitu menggoda. Rendang berasal dari daerah Minangkabau, memiliki bahan dasar daging, biasanya daging sapi. Lalu daging sapi ini diolah sedemikian rupa dengan bumbu khasnya yang juga pedas. Karena aroma dan gurihnya membuat Rendang menempati urutan ke-11 dari 50 makanan terenak di dunia.


Gudeg


Makanan khas indonesia, Gudeg (jogjabiz.com)


Makanan khas Indonesia yang mendunia berikutnya yaitu Gudeg. Masakan yang berasal dari Yogyakarta ini menjadi terkenal di luar negeri setelah banyak turis asing yang datang ke Yogyakarta dan menyukai masakan ini. Sayur gudeg dibuat dari nangka muda yang dimasak dengan santan, Gudeg ini biasanya dihidangkan dengan nasi, daging, serta telur.


Gado-gado


Gado-gado, Makanan khas Indonesia yang mendunia. (indoturis.com)


Gado-gado terbuat dari berbagai jenis sayuran seperti mentimun, kacang panjang, toge, kentang, dan masih banyak yang lainnya. Pembuatannya sangatlah mudah yaitu dengan cara merebus terlebih dahulu berbagai jenis sayuran, lalu setelah ditiriskan barulah diberi sambal kacang, dan jangan lupa untuk mengaduknya. Makanan ini akan lebih lezat dan nikmat jika disajikan dengan nasi atau lontong serta ditaburi dengan bawang goreng dan kerupuk.

Tambahan informasi, Gado-gado yang menjadi masakan khas Indonesia ini pernah menjuarai festival makanan Internasional.

Sate


Makanan khas Indonesia, Sate (saungjamur.com)

Asap dan bau sate yang begitu menggoda membuat siapa saja yang menciumnya akan menjadi lapar. Biasanya sate terbuat dari dagi ayam, kambing, ataupun sapi, yang kemudian dipotong-potong kecil lalu ditusukkan kedalam sebuah batang bambu yang telah dipotong kecil-kecil. Setelah ditusuk, sate dibakar diatas bara arang atau batok kelapa.

Sate bisa disajikan dengan bumbu kacang maupun bumbu kecap yang dicampur cabe dan tomat serta bawang merah. Sudah banyak orang Indonesia yang menjual sate di luar negeri, sehingga orang luar negeri sudah banyak yang mengenal sate.


Soto


Masakan Khas Indonesia yang mendunia, Soto (masakanpraktis.com)

Masakan Soto juga menjadi makanan favorit yang digemari oleh turis mancanegara. Masakan yang berbahan dasar kaldu daging atau ayam ini memiliki rasa yang lezat dan gurih. Banyak aneka ragam jenis soto seperti ada soto Betawi, soto Bandung, soto Kediri, soto Madura, dan masih banyak soto yang lainnya.

Makanan yang bernama soto ini sudah dikenal diberbagai penjuru dunia, bahkan sempat makanan ini diliput oleh salah satu program televisi di Madrid Spanyol yang bernama Program Buenos da Madrid.

Nasi Goreng


Masakan khas Indonesia yang mendunia, Nasi Goreng (theresilientchef.wordpress.com)

Nasi goreng menjadi olahan makanan yang dapat ditemui di seluruh pelosok tanah air. Makanann rakyat ini bisa ditemukan di emperen toko, di pinggir jalan maupun direstoran mewah. Rasanya yang khas cocok di lidah siapa saja yang menikmatinya. 

Selain sudah dikenal luas oleh masyarakat Nusantara, Nasi goreng juga digemari oleh turis mancanegara. 


Bakso


Makanan khas Indonesia yang mendunia, Baso (inbali.org)

Makanan khas Indonesia yang mendunia selanjutnya adalah Bakso. Hampir seluruh usia mulai dari yang muda sampai yang tua menyukai makanan yang satu ini. Mulai dari anak SD, SMA, Mahasiswa ataupun para orang dewasa pasti tak kan menolak jika diajak makan baso. Bakso dapat dimakan baik di siang hari maupun malam hari dan sangat nikmat saat disantap dalam keadaan panas.

Diluar negeri, orang asing sering menyebutnya dengan MeetBall karena bakso itu sendiri terbuat dari campuran daging sapi yang digiling serta tepung terigu yang dibentuk menjadi bulat. Kebanyakan, para pedagang Bakso berasal dari Jawa, namun keberadaannya dapat ditemui dimana saja di seluruh pelosok tanah air.

Itulah beberapa makanan khas Indonesia yang mendunia karena kelezatannya. Kamu sendiri apakah sudah pernah merasakan semua masakan di atas? Kalau belum, ayo jangan ketinggalan, kita cicipi masakan khas Indonesia ini. 

Sumber: satujam.com

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])