Mantap! Pesawat Listrik Pertama Melintasi Selat Selandia Baru

Nusantaratv.com - 03 November 2021

Ilustrasi salah satu pesawat listrik di Bandara Oslo, Norwegia. (Reuters)
Ilustrasi salah satu pesawat listrik di Bandara Oslo, Norwegia. (Reuters)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Perusahaan asal Selandia Baru, ElectricAir, mengumumkan pesawat listrik miliknya menjadi yang pertama terbang melintasi Selat Cook, Selandia Baru.

Pencapaian itu bertepatan dengan KTT Perubahan Iklim COP26 yang sedang berlangsung di Glasgow, Skotlandia, Inggris, seperti dikutip dari UPI, Rabu (3/11/2021).

Pendiri ElectricAir, Gary Freedman, melakukan penerbangan solo lintas selat itu selama 40 menit. Dia sejakaligus mencatat sejarah dunia baru dengan menjadi orang pertama yang terbang melitasi Selat Cook, Selandia Baru, dengan pesawat listrik.

"Ini adalah awal dari perubahan radikal dalam cara kita terbang. Pesawat listrik yang lebih besar dan jarak jauh maupun sedang dalam perjalanan dan ideal untuk rute jarak pendek," kata Freedman menanggapi penerbangannya itu.

Freedman mengatakan hari itu diawali dengan hujan lebat di lokasi keberangkatan di dekat kota Blenheim. Setelah 15 menit menunda penerbangan, cuaca cukup cerah untuk lepas landas. Kondisi cuaca kemudian menjadi cerah di atas samudera.

Ditambahkannya, dirinya sangat gembira ketika mendarat  Teknologi pesawat itu, kata Freedman, bekerja lebih baik dari yang dia harapkan karena daya baterainya masih tersisa 40 persen.

"Selandia Baru adalah tempat yang sempurna untuk pesawat listrik digunakan secara luas, dengan salah satu tingkat penerbangan jarak pendek tertinggi per orang dari negara mana pun di dunia dan jaringan listrik yang ditenagai dari sumber yang sebagian besar terbarukan," tukas Freedman.
 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])