Mantan Panglima GAM: Tak Lama Lagi Bendera Aceh Boleh Berkibar

Nusantaratv.com - 15/08/2022 17:56

Anggota DPD Facrul Razi mengibarkan bendera Aceh. (Net)
Anggota DPD Facrul Razi mengibarkan bendera Aceh. (Net)

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Mantan Panglima Gerakan Aceh Merdeka (GAM) Muzakir Manaf mengungkapkan bendera Aceh yang sempat berpolemik di tingkat pusat, tak lama lagi akan bisa dikibarkan di seluruh wilayah Aceh pada 4 Desember mendatang.

Ini dikatakan Muzakir Manaf, usai mendapat informasi dari Wakil Ketua MPR, Ahmad Muzani yang seharusnya mengikuti perayaan 17 Tahun Damai Aceh di Banda Aceh. Tapi, Ahmad Muzani dikatakan tak dapat hadir karena sakit.

"Insya Allah tidak lama lagi, tidak ada keributan lagi bendera akan naik mungkin pada 4 Desember. Sudah kami pikiran untuk boleh berkibar di Aceh," ujar Muzakir Manaf saat memperingati 17 Tahun Damai Aceh di Taman Sulthanah Safiatuddin, Banda Aceh, Senin (15/8/2022). 

Dirinya pun meminta agar semua perkantoran di Aceh untuk segera memasang dua tiang bendera di halaman kantor, dua tiang itu untuk bendera Merah Putih dan bendera Aceh yakni Bendera Bulan Bintang.

"Semua di kantor-kantor mulai saat ini sudah dapat menyediakan dua tiang, satu panjang dan satu pendek," kata dia. 

Menurut Muzakir Manaf, bendera Aceh merupakan salah satu yang termasuk dalam butir-butir nota kesepahaman (MoU) Helsinki yang ditandatangani 15 Agustus 2005 silam.

Setelah perdamaian, eksistensi bendera Aceh juga sudah memiliki payung hukum lewat qanun Nomor 3 Tahun 2013 yang telah disahkan DPR Aceh.

Namun, Kemendagri saat itu sempat membatalkan aturan itu, sehingga pengibaran bendera Aceh, khususnya pada Milad GAM sebelumnya selalu berpolemik dan tidak diizinkan aparat keamanan.

Di samping membahas soal bendera, pada peringatan 17 tahun damai itu, Muzakir Manaf juga menyentil mereka yang masih bertahan di luar negeri, terutama para kombatan. Ia mengajak para eks GAM yang masih di luar negeri untuk pulang ke Aceh.

"Orang-orang yang tidak senang dengan perdamaian ini, sini pulang ke Aceh, apa yang kurang mari kita perbaiki, tidak usah lagi bicara sana bicara sini," tandasnya.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

Komentar belum ada.
Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in

Berita Terkait
ISIS-1665111520
Tragedi Kanjuruhan-1665109117
Presiden AS Joe Biden-1665106711
Ilustrasi-1665102890