Makan Pisang Bisa Buat Tidur Malam Kita jadi Nyenyak

Nusantaratv.com - 01/07/2022 19:00

Busy pisang / healthline.com
Busy pisang / healthline.com

Penulis: Harry Prasetyo

Nusantaratv.com-Pisang sering menjadi makanan sarapan atau makan siang untuk membantu mengisi hari tetapi bagaimana dengan memasangkan pisang dengan teh favorit sebelum tidur? 

Bagi siapa saja yang makan pisang untuk pembangkit tenaga penuh vitamin, inilah alasan bagus untuk mempertimbangkan menikmati pisang di malam hari: pisang dapat membantu Anda mendapatkan istirahat malam yang baik dan lebih nyenyak.

Pertama, pisang adalah sumber prebiotik yang kuat. Serat tanaman ini memberi makan bakteri sehat di usus, mempromosikan segalanya mulai dari kesehatan pencernaan yang lebih baik hingga fungsi otak yang lebih baik.

Pisang juga penghilang stres alami, menurut penelitian tahun 2017 yang diterbitkan di Frontiers in Behavioral Neuroscience. Telah terbukti bahwa diet kaya prebiotik dapat membantu menjaga gejala seperti masalah perut selama masa-masa stress.

Penelitian juga menemukan bahwa dampak prebiotik pada stres melekat pada Anda semalaman, meningkatkan kualitas tidur, mendorong siklus tidur yang nyenyak, dan mengurangi gangguan tidur yang disebabkan oleh stres.

Bagaimana pisang mengaktifkan hormon tidur

Nutrisi yang ditemukan dalam pisang juga berfungsi untuk mempersiapkan tubuh untuk tidur nyenyak dan memulihkan. Triptofan adalah asam amino yang dibutuhkan tubuh manusia untuk membuat melatonin, hormon yang membantu kita tertidur dan ada banyak dalam pisang.

Makanan yang mengandung triptofan telah terbukti meningkatkan hampir semua ukuran kualitas tidur, menurut penelitian tahun 2020 yang diterbitkan di Nutrients. 

Para ilmuwan tahu bahwa vitamin B6 yang ditemukan dalam pisang membantu triptofan memproduksi melatonin, keduanya juga dapat bekerja sama untuk mengurangi terbangun di malam hari, menurut uji klinis yang diterbitkan di Minerva Pediatrics.

Dilaporkan bahwa sekitar 60 persen dari kita tidak makan cukup magnesium dan ulasan studi yang diterbitkan di Nutrients menambahkan manfaat pisang lain untuk mengatasi masalah ini. Penelitian menunjukkan bahwa kadar magnesium yang rendah mungkin berperan dalam gangguan tidur.

Dengan hampir 10 persen dari kebutuhan magnesium harian Anda tersedia dalam pisang, makan pisang sebelum tidur dapat membantu Anda mendapatkan tidur malam yang nyenyak.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

Komentar belum ada.
Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in