Levi Rumbewas Ikut Bangga dan Berharap PON XX Sukses

Nusantaratv.com - 03 Oktober 2021

Legenda binaraga Indonesia, Levi Rumbewas
Legenda binaraga Indonesia, Levi Rumbewas

Penulis: Arfa Gandhi | Editor: Arfa Gandhi

Nusantaratv.com - Pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX  yang digelar di Papua, 2-15 Oktober 2021 menjadi kebanggaan legenda binaraga Indonesia, Levi Rumbewas.

Namun, atlet asal Papua ini juga terharu dengan perhatian Pengurus Pusat Perkumpulan Binaraga Fitness Indonesia (PP PBFI) pimpinan Irwan Alwi.

"Saya senang pertandingan cabang olahraga binaraga PON XX dilaksanakan di Papua yang merupakan tempat kelahiran saya. Dan, saya berharap binaraga yang sudah memiliki organisasi sendiri bisa tetap dipertandingkan di PON-PON selanjutnya," kata Levi Rumbewas yang ditemui di Auditorium Universitas Cenderawasih Jayapura, Papua, Sabtu (2/10/2021).

"Saya juga senang pengurus PP PBFI selalu mengundang saya untuk hadir di Universitas Cenderawasih. Dan, saya terharu dengan perhatian pak Irwan Alwi dan kawan-kawan yang juga memberikan bantuan tali asih," tambahnya.

Levi Rumbewas yang saat ini berusia 72 tahun, saat menjadi atlet binaraga memiliki  segudang prestasi. Yakni, meraih 5 medali emas pada lima SEA Games dan Mister Asia pada Kejuaraan Asia di Korea Selatan 1991.

Bahkan, Levi Rumbewas dan istrinya Ida Korwa yang juga mantan atlet angkat besi sukses menjadikan anaknya Lisa Rumbewas  menjadi lifter angkat besi kebanggaan Indonesia.

Lisa Rumbewas tercatat menjadi satu-satunya lifter angkat besi putri Indonesia yang meraih tiga medali pada tiga penampilan di Olimpiade. Yakni, perak Olmpiade Sidney 2000, perak Olimpiade Athena 2004, dan perunggu Olimpiade Beijing 2008.

Wakil Ketua Bidang Organisasi PP PBFI, Muin Sakali mengatakan, Ketua Umum PP PBFI, Irwan Alwi memang sejak awal selalu mengingatkan tentang peran Levi Rumbewas dalam mengangkat prestasi binaraga Indonesia di kancah internasional. Apalagi, PON XX digelar di Papua yang menjadi tempat kelahirannya.

"Levi Rumbewas itu merupakan legenda binaraga Indonesia yang sudah mengukir berbagai prestasi di kancah internasional. Dan, Levi memang pantas mendapat penghargaan," katanya.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])