Laut Banda Diguncang Gempa Bumi M6,0, BMKG: Tak Berpotensi Tsunami

Nusantaratv.com - 02 Desember 2023

Ilustrasi alat pengukur kekuatan gempa bumi/ist
Ilustrasi alat pengukur kekuatan gempa bumi/ist

Penulis: Ramses Manurung

Nusantaratv.com-Wilayah Laut Banda diguncang gempa bumi berkekuatan 6,0 magnitudo. Badan Meteorologi dan Klimatologi Geofisika (BMKG) melaporkan gempa terjadi pada Sabtu (2/12/2023) pukul 19.01 WIB. 

Episenter gempabumi terletak pada koordinat 7,13° LS ; 129,81° BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 183 Km arah BaratLaut Tanimbar, Maluku Barat Daya, Maluku pada kedalaman 150 km.

Gempa tidak berpotensi menimbulkan gelombang tsunami. 

Berdasarkan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi menengah.

Baca juga: Anyer Banten Diguncang Gempa Berkekuatan M4,3 

"Akibat adanya deformasi batuan dalam slab lempeng subduksi Banda. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan geser naik," kata Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Daryono.

Menurut Daryono, Gempabumi ini berdampak dan dirasakan di daerah Saumlaki dengan skala intensitas II-III MMI ( *Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu* ), daerah Tual dan Damer dengan skala intensitas II MMI.

Masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa.

 

   

 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])