Lantai Keramik Era Bizantium Ditemukan Petani Palestina

Nusantaratv.com - 19/09/2022 20:45

Petani asal Palestina
Petani asal Palestina

Penulis: Armansyah

Nusantaratv.com – Palestina digegerkan oleh penemuan seorang petani yang hendak menanam pohon zaitun di lahan miliknya di daerah jalur Gaza. Petani tersebut tak sengaja menemukan lantai mozaik peninggalan dari era Bizantium. 

Salman al-Nabahin menjelaskan bahwa ia dan puteranya sedang menggali tanah untuk menanam pohon zaitun. Namun tak lama kemudian cangkulnya terantuk oleh batu yang ternyata adalah sebuah lantai yang dihias dengan mozaik yang indah.

Setelah menggali lebih lanjut, ditemukan kembali bagian lantai yang bermotif binatang dan burung berwarna-warni.

Menurut para ahli, penemuan Salman al-Nabahin ini menjadi penemuan harta arkeolog terbesar yang pernah ditemukan di jalur Gaza.

Nabahin mengatakan kepada Reuters mengatakan dia menyadari mosaik itu berasal dari era Bizantium setelah mencari informasi di internet.

Kekaisaran Bizantium adalah bagian timur dari Kekaisaran Romawi, yang dapat ditelusuri ke belakang hingga ke tahun 330 M, Kekaisaran itu bertahan selama lebih dari seribu tahun.

“Saya melihatnya sebagai harta karun, lebih berharga daripada harta karun. Ini adalah warisan Palestina,” kata Nabahim, seperti dilansir BBC Ahad (18/9/2022).

Arkeolog René Elter, dari French Biblical and Archaeological School of Jerusalem, mengatakan kepada Associated Press mosaik itu “luar biasa”.

“Ini adalah lantai mosaik terindah yang pernah ditemukan di Gaza, baik dari segi kualitas representasi grafis maupun kompleksitas geometrinya,” kata Elter.

“Belum pernah ada lantai mosaik sebagus ini, ketepatan dalam grafis dan kekayaan warna ditemukan di Jalur Gaza.”

Kementerian Pariwisata dan Kepurbakalaan Palestina mengatakan para ahli internasional didatangkan untuk menyelesaikan penggalian situs tersebut.

Jalur Gaza dahulu pernah menjadi rute perdagangan yang ramai bagi bagi banyak peradaban. Kawasan itu kaya dengan barang peninggalan antik.*

Sumber: hidayatullah.com

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

Komentar belum ada.
Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in

Berita Terkait
Bunga es-1664701185
bunga es-1664699813
Batik-1664634631