Lakukan Olahraga Ini Untuk Dapatkan Jantung Sehat

Nusantaratv.com - 28/11/2021 19:06

Ilustrasi olahraga lari pagi (serabutan.net)
Ilustrasi olahraga lari pagi (serabutan.net)

Penulis: Supriyanto

Nusantaratv.com - Semua orang menyadari bahwa olahraga bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Olahraga merupakan salah satu cara paling praktis dan sederhana untuk menjaga kesehatan tubuh, tetapi masih sering kali terabaikan. Padahal, dengan berolahraga dan aktif bergerak secara rutin, tubuh dapat lebih bugar dan kesehatan pun akan terjaga.

Ada beragam manfaat olahraga yang bisa diperoleh, seperti  memelihara fungsi organ hingga meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh. Tak hanya bermanfaat untuk kesehatan fisik, olahraga juga baik untuk kesehatan mental Anda.

Dengan berolahraga, tidak hanya fisik saja yang sehat, jaringan dan organ vital tubuh seperti jantung akan ikut sehat. Seperti kita ketahui bersama bahwa fungsi jantung untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Sehingga fungsi jantung sangatlah vital karena melalui darah, nutrisi dan oksigen dapat tersalurkan ke organ-organ tubuh sekaligus mengangkut zat-zat sisa. 

Baca Juga: Benarkah Air Rebusan Daun Cabai Bisa Bikin Panjang Umur? Berikut Penjelasannya

Karena fungsinya yang sangat penting ini, sudah sepatutnya kita menjaga kesehatan jantung sebaik mungkin, salah satunya dengan berolahraga. Selain membuat jantung lebih prima, manfaat lain yang kita peroleh jika rajin berolahraga secara teratur adalah: 

Yoga

• Memperbaiki kualitas tidur. 
• Mengurangi risiko gagal jantung. 
• Mengurangi risiko hipertensi. 
• Menaikkan rasa percaya diri.
• Memperbaiki suasana hati. 
• Menjaga kesehatan tubuh dan jantung agar tetap stabil. 
• Membantu untuk mendapatkan berat badan ideal. 

Untuk mendapatkan jantung yang sehat, kita dianjurkan melakukan olahraga secara rutin. Semakin sering berolahraga, maka hasil yang didapatkan pun semakin baik. 

Namun, perlu diingat bahwa olahraga yang menyehatkan bukan hanya menggerakkan tubuh saja, bukan pula sekedar mengeluarkan keringat. Berikut ini adalah beberapa rekomendasi jenis olahraga apa saja yang menyehatkan untuk jantung:

Baca Juga: Leher Nyeri Karena ‘Salah Bantal’? Coba Lakukan Ini

• Senam Jantung 
Olahraga jenis ini berfokus pada tiap gerakan untuk menjaga dan meningkatkan performa jantung, juga bermanfaat menormalkan denyut nadi dan memperlancar aliran darah di tubuh. 

Berenang
Jenis olahraga air satu ini sangat bermanfaat untuk menunjang kebugaran jantung dan pembuluh darah. Selain itu, berenang juga melatih dan memperkuat otot jantung sehingga kinerja jantung untuk memompa darah bisa lebih optimal.

Berenang
 
• Lari Pagi 
Lari pagi sangat membantu untuk merangsang aliran darah di tubuh sehingga sirkulasi darah jadi lebih lancar. Jika aliran darah lancar, maka kinerja jantung tidak akan terbebani dan ritme jantung akan tetap normal. 

• Bersepeda
Berolahraga sepeda selama 30-60 menit sehari bisa mengurangi risiko terkena serangan jantung akibat stress dan memperkuat kinerja otot jantung. Pada saat mengayuh sepeda, seluruh otot tubuh turut bekerja, termasuk otot jantung. 

• Yoga 
Saat melakukan yoga, ada tiga macam teknik yakni peregangan, pernapasan dan relaksasi. Ketiga teknik tersebut sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung. 

Baca Juga: Musim Hujan Anak Rentan Terjangkit Flu, Vaksinasi Solusi Terbaik

Itulah 5 jenis olahraga sehat untuk wujudkan jantung sehat. Melakukan olahraga di atas secara teratur akan melindungi jantung dari berbagai macam masalah dan penyakit. Namun, bila merasakan sakit pada dada, sesak napas, mudah lelah, atau gejala lainnya segera kunjungi dokter dan rumah sakit terdekat untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Sumber: siloamhospitals.com
 

0

Komentar belum ada.
Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in