Lagi, Indonesia Kedatangan 245.440 Dosis Vaksin AstraZeneca

Nusantaratv.com - 08 Oktober 2021

Ilustrasi vaksin AstraZeneca
Ilustrasi vaksin AstraZeneca

Penulis: Ramses Manurung

Jakarta, Nusantaratv.com-Meski penanganan pandemi covid-19 di Tanah Air telah menunjukkan tren perbaikan yang ditandai dengan penurunan jumlah kasus covid-19 secara drastis. Namun pemerintah terus gencar mendatangkan vaksin demi memaksimalkan penanggulangan covid-19.

Terbaru, Indonesia kembali kedatangan vaksin AstraZeneca sebanyak 245.440 dosis. Kedatangan vaksin tahap ke-86 ini merupakan dukungan dari Pemerintah Inggris. 

Ini merupakan pengiriman yang kedua kalinya dari Inggris. Sehingga secara total Indonesia telah menerima dukungan vaksin dari Pemerintah Inggris sebanyak 865.440 dosis. 

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan dukungan dari Pemerintah Inggris ini merupakan wujud kerjasama global dalam penanggulangan pandemi covid-19. 

“Saya ingin menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Inggris terhadap dukungan dose-sharing vaksin untuk penanganan Covid-19 di Indonesia,” tutur Retno mengutip okezone, Jumat (8/10/2021).

Baca juga: AstraZeneca Ajukan Izin Darurat Terapi Antibodi

Retno mengungkapkan Covid-19 bisa dianggap sebagai salah satu tantangan kemanusiaan terbesar di dunia sejak Perang Dunia II. Tidak hanya menimbulkan korban jiwa, melainkan juga efek-efek turunan lainnya seperti sosial ekonomi juga pendidikan.

Retno juga menyambut baik keputusan Pemerintah Inggris mengeluarkan Indonesia dari daftar red list.

“Keputusan ini merefleksikan situasi Covid-19 di Indonesia yang terus membaik dan merupakan tindak lanjut hasil dari pertemuan saya dengan Menlu Inggris di sela-sela SMU PBB tanggal 20 September 2021,” ujar Retno. 

Dengan kedatangan vaksin hari ini, maka total vaksin yang sudah tiba baik dalam bentuk bulk maupun jadi adalah 278.527.220 dosis. Kedatangan vaksin menunjukkan stok vaksin aman. Pemerintah mengejar target pada akhir tahun 2021, 70% masyarakat Indonesia sudah divaksinasi. Per 8 Oktober 2021, 46,52% penduduk sasaran vaksinasi telah mendapatkan suntikan dosis pertama dan 26,49% telah divaksin lengkap.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])