Kuliner Ndas Borok, Makanan Masa Kecil yang ‘Ngangenin’

Nusantaratv.com - 25 Agustus 2021

Ndas Borok makanan tradisional khas Temanggung.
Ndas Borok makanan tradisional khas Temanggung.

Penulis: Supriyanto

Nusantara TV - Indonesia yang begitu luas dengan aneka ragam budayanya tentu juga memiliki aneka kuliner yang berbeda dari masing-masing daerahnya. Seperti hal di kota Temanggung, Jawa Tengah, ada satu nama kuliner yang seram atau ‘menjijikkan’ tapi enak dirasa.

‘Ndas Borok’, demikian nama kuliner tersebut, sepintas nama ini cukup berkesan menyeramkan atau menjijikkan karena ndas borok artinya sakit di kepala (korengan). Ndas Borok di Temanggung, Jawa Tengah, adalah makanan khas dengan cita rasa gurih manis, terbuat dari singkong, parutan kelapa dengan taburan gula aren. Bentuknya yang mirip borok di kepala membuatnya lebih populer dengan sebutan Ndas Borok.

Salah seorang produsen dan penjual Ndas Borok adalah Saryanto (42), warga Desa Pendowo, Kecamatan Kranggan, Temanggung. Ia membuat Ndas Borok sejak tiga tahun terakhir lantaran terinspirasi kenangan masa kecil dari makanan tradisional tersebut. Dimulai sekitar umur 10 tahun, pria yang akrab disapa Pak Itok ini kerap diajak orang tuanya pergi berdagang beras ke daerah Parakan.

“Setiap ke Parakan, saya selalu dibelikan makanan Ndas Borok. Saya amat menyukainya. Meski sudah tidak menjual beras di Parakan lagi, namun kenangan makan Ndas Borok semasa kecil terus teringat hingga sekarang. Karena itu saya memproduksi Ndas Borok,” kenang Pak Itok.

Terkait Ndas Borok ini juga ada mitos yang melingkupi, cerita dari leluhur dan diwariskan turun temurun. Yakni mengenai larangan membawa bekal nasi jika hendak naik, mendaki ke Gunung Sumbing. Yang disarankan jika naik gunung adalah membawa bekal singkong, gula, dan kelapa.

Baca Juga: Kurang Disadari, Ini 10 Manfaat Ubi jalar Bagi Kesehatan

Penjelasan mengenai mitos ini, kalau bekal nasi yang dibawa, maka akan mudah terasa lapar lagi tiap satu hingga dua jam usai makan. Kondisi ini sangat tidak disarankan untuk naik gunung. Berbeda jika membawa gula aren dan kelapa yang berguna untuk stamina. Serta singkong sebagai makanan karbohidrat pengganti nasi.

Halaman

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])