KSOP Cek Kondisi Kapal Untuk Pelayanan Angkutan Natal dan Tahun Baru

Nusantaratv.com - 09 Desember 2023

Aktivitas pelayaran antar-pulau di Pelabuhan Ahmad Yani Ternate, jelang Natal dan Tahun Baru 2023, Sabtu (9/12/2023). ANTARA/Abdul Fatah (Abdul Fatah)
Aktivitas pelayaran antar-pulau di Pelabuhan Ahmad Yani Ternate, jelang Natal dan Tahun Baru 2023, Sabtu (9/12/2023). ANTARA/Abdul Fatah (Abdul Fatah)

Penulis: Habieb Febriansyah

Nusantaratv.com - Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas II Ternate telah melakukan ramp check dan pengecekan kapal antarpulau di Maluku Utara memastikan seluruh kapal aman dan laik laut melayani angkutan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

"Kami akan terus mengecek kapal yang sudah di ramp check itu laik laut dan memenuhi syarat untuk memenuhi angkutan Nataru, sehingga kecelakaan pelayaran bisa diminimalisir," kata Kepala KSOP Kelas II Ternate, Rushan Muhammad dihubungi, Sabtu.

Seperti diketahui, Ramp check atau pengecekan yang meliputi sarana dan prasarana kapal, tak hanya kapal yang berada di Ternate saja dan tentu saja, beberapa kapal dilakukan ramp check di Pelabuhan Bitung maupun Ambon yang operasionalnya sampai di Kota Ternate dan berbagai antar-pulau di wilayah Malut.

Dirinya menyatakan, pihaknya akan membangun Posko Nataru di Pelabuhan Ahmad Yani dan Pelabuhan Laut Bastiong. Posko akan beroperasi mulai 18 Desember 2023 hingga 8 Januari 2024. Posko diisi oleh petugas gabungan mulai dari Basarnas, Kesehatan Pelabuhan, kepolisian termasuk petugas kesyahbandaran.

Sedangkan, khusus Pelabuhan Bastiong yang sarat kendaraan melintas antarpulau, pihaknya berkolaborasi dengan Dinas Perhubungan Kota Ternate mengatasi penumpukan kendaraan dan untuk intansi seperti Dishub sudah membuat skema-skema sekaligus pengaturan lalu lintas terutama di Pelabuhan Bastiong.

Dia berjanji akan menginstruksikan seluruh petugas terus memantau perkembangan pergerakan lalu lintas penumpang tak hanya di dua pelabuhan saja. Tetapi juga pelabuhan penghubung lainnya seperti Pelabuhan Dufa-Dufa, Gamalama, Armada Semut dan Pelabuhan Kota Baru.

"Di pelabuhan tersebut, beberapa kapal kita akan kondisikan supaya semua penumpang yang melalui pelabuhan ini bisa terlayani dengan baik", ucapnya.(Ant)

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])