KPK lelang Mobil Milik Tindak Pidana Korupsi Bantuan Sosial

Nusantaratv.com - 08/12/2022 14:11

Mobil milik terpidana perkara korupsi bantuan sosial Kementerian Sosial Matheus Joko Santoso. (ANTARA/HO-Humas KPK)
Mobil milik terpidana perkara korupsi bantuan sosial Kementerian Sosial Matheus Joko Santoso. (ANTARA/HO-Humas KPK)

Penulis: Alber Laia

Nusantaratv.com - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melalui Kantor Pengawas Kekayaan dan Lelang Nasional (KPKNL) Tangerang I on akan melelang rampasan satu unit mobil kriminal milik Matheus Joko Santoso.

Kepala Divisi Berita KPK Ali Fikri dalam keterangannya di Jakarta, Kamis, mengatakan lelang akan dilakukan setiap hari pada Jumat (9/12).

"KPK bersama-sama dan melalui KPKNL Tangerang saya akan melaksanakan lelang rampasan nasional tanpa kehadiran peserta lelang dengan jenis penawaran lelang melalui internet (closed bidding)," kata Ali Fikri.

Matheus Joko Santoso adalah koruptor penyedia bantuan sosial (bansos) dan mantan kantor pembuat komitmen (PPK) pasokan bansos COVID-19 atau putra mantan menteri Sosial Juliari P. Batubara. Lelang tersebut meliputi rangkaian peringatan Hari Antikorupsi Sedunia (Hakordia) 2022.

Ali menjelaskan lelang tersebut berdasarkan putusan Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Pusat yang memiliki kekuatan hukum untuk tetap berada di tangan penjahat Matheus Joko Santoso.

Objek lelang tersebut merupakan unit dari Toyota Corolla Cross jenis red-metallic, dengan tahun produksi 2020, nomor polisi B 207 DSW, nomor kerangka MR2KZAAG8L0004553, dan nomor mesin 2ZRY652515.

Pada gilirannya, objek lelang juga disertai dengan kunci mobil dengan BPKB asli dan STNK asli yang dikuasai KPK, serta dilengkapi dengan beberapa dokumen, di antaranya tiga lembar asli kuitansi, tanda nomor kendaraan asli, dan buku asli pemilik kendaraan bermotor.

Mobil tersebut dijual dengan harga limit Rp375.790.000, dimana peserta lelang wajib memberikan jaminan sebesar Rp150 juta. Ali mengatakan, lelang dilakukan dengan cara penawaran menggunakan metode closed bidding melalui https://www.lelang.go.id.

Selanjutnya, batas akhir penawaran lelang jatuh pada Jumat (9/12) pukul 09.00 waktu server (WIB), dengan lokasi pelaksanaan lelang di KPKNL Tangerang I Jalan Taman Makam Pahlawan (TMP) Taruna, Kota Tangerang.(Ant)

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

Komentar belum ada.
Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in