KPID DKI: Jakarta Siap Analog Switch Off!

Nusantaratv.com - 04 Oktober 2022

Konferensi pers KPID DKI Jakarta.
Konferensi pers KPID DKI Jakarta.

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Komisi Penyiaran Indonesia Provinsi DKI Jakarta (KPID DKI) memastikan Ibu Kota siap melaksanakan analog switch off (ASO). Ini hasil monitoring evaluasi infrastruktur pelaksanaan penyiaran TV digital di Jakarta yang mereka lakukan. 

"Jakarta telah siap melakukan ASO," ujar Komisioner KPID DKI Thomas Bambang Pamungkas, dalam jumpa pers di kawasan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Selasa (4/10/2022). 

"Maka dari itu KPID Jakarta selaku lembaga mendukung kebijakan Kominfo (Kementerian Komunikasi dan Informatika) untuk melakukan ASO di DKI Jakarta," imbuhnya. 

Berdasarkan data monitoring dan evaluasi KPID DKI, 58 persen masyarakat Jakarta sudah siap beralih ke TV digital. 

Monitoring dan evaluasi ini melibatkan akademisi dari Universitas Nasional, Universitas Pancasila dan IISIP Jakarta. 

Kesiapan masyarakat, lanjut Thomas, juga didukung jumlah set top box (STB) sebagai perangkat pendukung untuk menyaksikan siaran TV digital, yang menurutnya sudah cukup banyak dibagikan ke masyarakat. 

"Penyebaran STB untuk masyarakat kurang mampu sudah 90 persen. STB juga sudah banyak di pasaran," tuturnya. 

Meski begitu, pelaksanaan ASO di Jabodetabek khususnya Jakarta, tetap bergantung Kementerian Komunikasi dan Informatika.

"DKI sudah siap segalanya. Tapi tergantung menteri," kata dia.

Diketahui, ASO atau siaran TV analog dimatikan dan beralih ke digital, akan berlangsung pada 5 Oktober 2022 di wilayah Jabodetabek. Hal ini telah diputuskan Kominfo. 

Jabodetabek, menurut Kominfo merupakan episentrum dari kegiatan pertelevisian di Indonesia. Karenanya mereka berharap agar pelaksanaan ASO di Jabodetabek bisa memberi manfaat siaran digital kepada masyarakat, serta sekaligus sebagai momentum menjelang pelaksanaan ASO secara nasional pada 2 November 2022.

"Penghentian siaran TV analog akan dilakukan serempak pada 5 Oktober 2022, pukul 24.00 WIB," ujar Staf Khusus Menteri Komunikasi dan Informatika, Rosarita Niken Widiastuti, Jumat (23/9/2022).

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])