Korut Uji Coba Rudal Anti-Pesawat

Nusantaratv.com - 01 Oktober 2021

Rudal Korut. (Net)
Rudal Korut. (Net)

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Dua hari pasca meluncurkan peluru kendali hipersonik, Korea Utara (Korut) menguji coba rudal anti-pesawat, Kamis (30/9/2021).

"Korea Utara menguji coba rudal anti-pesawat baru pada 30 September," demikian pernyataan yang tertera di media pemerintah Korut, KCNA, Jumat (1/10/2021).

Dikutip dari Reuters, pemimpin tertinggi Korea Utara, Kim Jong-un, tak hadir dalam uji coba itu. Operasi tersebut diawasi oleh seorang anggota politbiro Partai Buruh Korut, Pak Jong Chon.

KCNA melaporkan bahwa uji coba itu dilaksanakan oleh pengembang senjata militer Korut, Akademi Sains Pertahanan.

Menurut KCNA, uji coba itu dilakukan untuk memastikan fungsional pelontar rudal, radar, kendaraan komando pertempuran, dan kemampuan perang.

"Uji coba secara keseluruhan sangat signifikan dalam mempelajari dan mengembangkan berbagai kemampuan sistem rudal anti-pesawat," tulis KCNA.

Tes ini dilakukan hanya berselang dua hari setelah Korut menguji coba tudal hipersonik pada Selasa (28/9/2021) lalu. Uji coba itu memicu reaksi keras komunitas internasional.

Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa bahkan dijadwalkan bakal menggelar rapat khusus untuk membahas uji coba rudal hipersonik itu pada Jumat.

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Antony Blinken, menyatakan bahwa dunia harus menanggapi secara serius uji coba rudal hipersonik Korut tersebut.

"Kami masih memeriksa peluncuran itu untuk memahami yang mereka lakukan, teknologi yang digunakan. Bagaimana pun, kami sudah berulang kali melihat pelanggaran resolusi Dewan Keamanan PBB dan komunitas internasional harus menanggapinya dengan serius," ujar Blinken.

Blinken kemudian menyatakan bahwa sikap Korut yang terus melakukan uji coba rudal ini meningkatkan "ketidakstabilan dan rasa tidak aman."

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])