Korsel Investasikan Rp512 Miliar Demi Kembangkan Teknologi Trem Bertenaga Hidrogen

Nusantaratv.com - 23 September 2021

Trem bertenaga hidrogen ditampilkan di ajang pameran di KINTEX di Goyang, Provinsi Gyeonggi, Korsel. (Yonhap)
Trem bertenaga hidrogen ditampilkan di ajang pameran di KINTEX di Goyang, Provinsi Gyeonggi, Korsel. (Yonhap)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Korea Selatan (Korsel) pada Kamis (23/9/2021) mengatakan pihaknya berencana menginvestasikan 42,4 miliar won atau sekitar Rp512 miliar hingga 2023 untuk mengembangkan teknologi trem bertenaga hidrogen.

Dikutip dari kantor berita Yonhap, anggaran tersebut akan digunakan untuk menemukan cara dalam memodifikasi sel bahan bakar hidrogen yang digunakan pada kendaraan SUV (sport utility vehicle) Nexo buatan Hyundai Motor untuk diadopsi ke trem, menurut Kementerian Perdagangan, Industri dan Energi Korsel.

Trem hidrogen, yang menggunakan sel bahan bakar, dianggap lebih kompetitif dalam harga dibandingkan transportasi umum konvensional, seperti kereta bawah tanah, karena tidak memerlukan infrastruktur listrik yang besar.

Pasar global untuk kereta bertenaga hidrogen diperkirakan akan mencapai 18 triliun won (Rp217 triliun) pada 2050, meningkat secara signifikan dari 700 miliar won (Rp8,4 triliun) yang diperkirakan pada 2025, menurut kementerian tersebut.

Kementerian mengatakan pihaknya berencana mengembangkan sel bahan bakar hidrogen dengan kapasitas 380 kilowatt, yang kinerjanya setara dengan sekitar empat unit SUV Hyundai Nexo.

Korsel juga akan membangun stasiun pengisian hidrogen untuk trem pada 2022 dan meluncurkan uji coba di kota Ulsan. Produksi massal trem hidrogen diharapkan akan dimulai pada 2024, di mana nantinya diharapkan bisa mengekspornya ke negara-negara Asia Tenggara dan Eropa.

Korsel telah mempromosikan apa yang disebut ekonomi hidrogen, dengan pemerintah melakukan upaya untuk menerapkan sumber daya di berbagai bidang mulai dari transportasi hingga penyimpanan energi sejalan dengan tujuannya untuk menjadi netral karbon pada 2050.
 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])