Kongres Pemda Se-Asia Timur Sepakati Kerja Sama Industri & Pariwisata

Nusantaratv.com - 25/11/2022 13:37

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menghadiri General Session Kongres Pemda Se-Asia Timur ke-11 dilanjutkan penandatanganan MoU Pemdaprov Jabar dan Shizuoka Prefecture di Trans Luxury Hotel, Kota Bandung, Kamis  (24/11/2022). (ANTARA/HO-Humas Pemda Jawa Barat)
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menghadiri General Session Kongres Pemda Se-Asia Timur ke-11 dilanjutkan penandatanganan MoU Pemdaprov Jabar dan Shizuoka Prefecture di Trans Luxury Hotel, Kota Bandung, Kamis (24/11/2022). (ANTARA/HO-Humas Pemda Jawa Barat)

Penulis: Alber Laia

Nusantaratv.com - Kongres Pemerintah Daerah Se-Asia Timur ke-11 menghasilkan kerja sama di bidang industri dan pariwisata dari ketujuh negara anggota yang hadir.
 
Seluruh delegasi dari Indonesia, Vietnam, China, Korea Selatan, Malaysia, Jepang, dan Filipina, sepakat akan saling mendukung demi pertumbuhan ekonomi pascapandemi COVID-19.
 
"Ada dua poin utama yaitu kerja sama di bidang industri, sehingga kita bisa saling jual beli, saling berinvestasi sesama negara anggota," kata Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dalam keterangan tertulisnya, Jumat.
 
"Yang kedua membuka yang namanya gerbang pariwisata. Disepakati semua negara, pariwisata adalah cara paling cepat dalam membangkitkan ekonomi lokal masing-masing, apalagi kalau kita saling promosi di negara-negara anggota kongres ini," tambahnya.
 
Ridwan Kamil juga menilai penyelenggaraan KTT G20 memberikan stimulus bagi pelaksanaan Kongres Pemda se-Asia Timur, sehingga Indonesia selalu dipercaya sebagai tuan rumah diplomasi negara dalam menghasilkan sebuah kebijakan.
 
"Acara ini juga beriringan dengan KTT G20 di Bali, sehingga kita bisa menyaksikan Indonesia banyak dipercaya dalam menyelenggarakan diplomasi berkelompok di dunia, maupun di level Benua Asia," kata Ridwan Kamil.
 
Tak hanya itu, dia juga menyebut, ekonomi digital menjadi kekuatan yang dapat mengiringi kesepahaman tentang kerja sama di bidang industri dan pariwisata.
 
"Kita juga mengingatkan bahwa ekonomi digital menyertai semua proses yang kita lalui ini, sehingga InsyaAllah kita akan mempunyai kekuatan ekonomi digital yang luar biasa dalam kesepahaman ini," katanya.
 
Dalam acara tersebut Gubernur juga menandatangani kerja sama dengan Prefektur Shizuoka Jepang tentang pengelolaan mitigasi bencana melalui SDM yang berkualitas.
 
"Kami, khususnya Jawa Barat menandatangani dengan Provinsi Shizuoka untuk kerja sama SDM kebencanaan karena Shizuoka salah satu provinsi yang tangguh terhadap bencana gempa bumi, kami di Jabar ingin belajar," kata Gubernur.

Gubernur menuturkan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat sukses menjadi tuan rumah dalam kongres Pemerintah Daerah se-Asia Timur atau East Asia Local and Regional Government Congress (EALRGC) ke-11 tahun 2022.
 
Sejumlah kerja sama pemerintah daerah dari berbagai negara lahir dalam General Session di Kota Bandung, Jawa Barat. Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berharap organisasi tersebut bisa berperan besar dalam kemajuan pemda di Asia.
 
"Organisasi ini sangat powerfull karena menyamakan langkah kerja sama ke depan di level Asia yang kalau kompak itu sangat luar biasa. Acara ini juga berdekatan dengan G20 kemarin di Bali sehingga kita bisa menyaksikan Indonesia banyak dipercaya dapat menyelenggarakan diplomasi berkelompok di dunia maupun di benua Asia," kata dia.(Ant)

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

Komentar belum ada.
Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in