Konflik Rusia-Ukraina Makin Panas, Donald Trump Lontarkan Peringatan Perang Dunia III

Nusantaratv.com - 23/09/2022 14:59

Mantan Presiden AS Donald Trump. (Reuters)
Mantan Presiden AS Donald Trump. (Reuters)

Penulis: Tri Budi Purnomo

Nusantaratv.com - Konflik di Ukraina dapat berkembang menjadi Perang Dunia III, mantan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump memperingatkan pada Rabu (21/9/2022).

Komentar Trump terlontar setelah Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan Moskow akan menggunakan segala cara yang diperlukan untuk mempertahankan diri dalam menghadapi ancaman terhadap integritas teritorialnya.

Menulis di platform media sosialnya, Truth Social, Trump mengatakan konflik Ukraina, yang dimulai setelah Rusia melancarkan serangan militernya pada akhir Februari, seharusnya tidak pernah terjadi.

Trump mengklaim jika dia masih berada di Gedung Putih, permusuhan tidak akan pernah pecah antara Moskow dan Kiev. "Seperti yang telah saya jelaskan selama beberapa waktu, ini bisa berakhir menjadi Perang Dunia III," ujar Trump, dikutip dari RT, Jumat (23/9/2022). 

Pada Rabu (21/9/2022), Putin mengumumkan mobilisasi militer parsial sekitar 300.000 tentara cadangan yang akan dipanggil untuk dinas aktif. Pemimpin Rusia itu juga memperingatkan jika Moskow akan menggunakan segala cara untuk melindungi rakyatnya, termasuk senjata nuklir jika diperlukan.

"Ini bukan gertakan," tegas Putin, seraya menambahkan Rusia akan menggunakan semua cara yang tersedia untuk melindungi kemerdekaan dan keamanannya.

Dan, ini bukan pertama kalinya Trump membunyikan alarm atas dampak dari krisis Ukraina. Pada Juni lalu, dia mengkritik penggantinya, Presiden Joe Biden, atas cara pemerintahannya menangani krisis, mengecam petahana karena mengirim puluhan miliar dolar bantuan militer ke Kiev, di mana kata Trump, hal itu hanya menambah bahan bakar konflik.

"Dan kami berada dalam bahaya serius dengan apa yang terjadi di Ukraina dan Rusia. Anda bisa berakhir dengan perang dunia dengan cara mereka menanganinya. Gila apa yang mereka lakukan," tukas Trump saat itu.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

Komentar belum ada.
Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in