Komisi V Dorong BMKG Bandung Barat Tingkatkan Sistem Peringatan Dini

Nusantaratv.com - 24/09/2022 22:41

Wakil Ketua Komisi V DPR RI Andi Iwan Darmawan Aras saat memimpin kunjungan kerja spesifik Komisi V DPR RI ke BMKG Lembang, Bandung Barat, Jumat (23/9/2022). (Puntho/nvl)
Wakil Ketua Komisi V DPR RI Andi Iwan Darmawan Aras saat memimpin kunjungan kerja spesifik Komisi V DPR RI ke BMKG Lembang, Bandung Barat, Jumat (23/9/2022). (Puntho/nvl)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Wakil Ketua Komisi V DPR RI Andi Iwan Darmawan Aras menyatakan Komisi V siap memberikan dukungan terhadap BMKG Lembang, Bandung Barat, untuk semakin meningkatkan teknologi agar pemberian informasi meteorologi, klimatologi dan geofisika kepada masyarakat semakin akurat.

Secara khusus, Andi Iwan menekankan pentingnya BMKG Lembang, Bandung Barat, untuk meningkatkan teknologi early warning system atau Sistem Peringatan Dini. 

"Peralatan yang dimiliki BMKG Lembang Bandung Barat ini kami lihat sudah cukup maksimal. Namun, tentu Komisi V akan memberikan dukungan terus-menerus untuk BMKG meningkatkan lagi teknologi dan SDM agar pemberian informasi bisa lebih akurat. Tentunya, yang paling kita tekankan disini yaitu peningkatan early warning system BMKG agar bisa segera sampai kepada masyarakat," ujar Andi Iwan usai memimpin kunjungan kerja spesifik Komisi V DPR RI ke BMKG Lembang, Bandung Barat, Jumat (23/9/2022).

Lebih lanjut, Politisi Fraksi Partai Gerindra ini menerangkan pemberian dukungan yang semaksimal mungkin dari Komisi V kepada BMKG khususnya BMKG di Lembang, Bandung Barat, sangat penting untuk dilakukan.

Mengingat, ungkap Andi Iwan, terdapat sejumlah informasi penting yang dimiliki BMKG kepada seluruh masyarakat dalam rangka menghadapi berbagai kemungkinan yang tidak diinginkan seperti bencana alam.

Selain itu, dia juga mengapresiasi penerapan Sekolah Lapang Iklim (SLI) dan Sekolah Lapang Cuaca Nelayan (SLCN) yang diberikan BMKG yang selama ini memberikan kontribusi yang sangat positif dalam meningkatkan pemahaman cuaca dan iklim bagi petani dan nelayan. 

"Karena, melalui SLI dan SLCN bisa memberikan informasi akurasi tentang kondisi cuaca bagi para nelayan dan petani yang ada di wilayah sekitar petani dan nelayan tersebut," sebut Andi Iwan.

Sementara itu, Deputi Bidang Geofisika BMKG Dr. Suko Prayitno Adi atas nama segenap pimpinan BMKG menyampaikan apresiasi atas kunjungan dan dukungan Komisi V DPR RI selama ini yang telah sangat membantu BMKG untuk lebih meningkatkan kinerja dan menghasilkan inovasi-inovasi yang lebih baik.

"Sehingga kami dapat melayani masyarakat yang berkaitan meteorologi, klimatologi dan geofisika yang lebih baik. Mohon dukungan dari segenap Pimpinan dan Anggota Komisi V DPR RI sehingga kami BMKG terus menerus dapat berkembang maju sesuai kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi," tutup Deputi Bidang Geofisika BMKG Dr. Suko Prayitno Adi. 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

Komentar belum ada.
Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in