KMKS Sosialisasikan Masuk Perguruan Tinggi Hingga ke Batas Negeri

Nusantaratv.com - 25/01/2023 13:35

KMKS melakukan sosialisasi masuk perguruan tinggi di Kabupaten Sambas (ANTARA/Kris)
KMKS melakukan sosialisasi masuk perguruan tinggi di Kabupaten Sambas (ANTARA/Kris)

Penulis: Habieb Febriansyah

Nusantaratv.com - Mahasiswa tergabung dalam Komite Mahasiswa Kabupaten Sambas (KMKS) ikut mensosialisasikan cara masuk perguruan tinggi menyasar pelajar SMA Se- Kabupaten Sambas di sekolah di pusat kabupaten maupun ke batas negeri sebagai andil dalam meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM).

"Kegiatan sosialisasi perguruan tinggi ini sudah menjadi agenda tahunan KMKS. Ini bentuk peran kami sebagai mahasiswa untuk mengajak adik - adik pelajar yang akan tamat SMA/SMK agar bisa melanjutkan ke perguruan tinggi. Dengan masuk perguruan tinggi maka IPM Sambas akan meningkat," ujar Ketua KMKS, Dimas saat dihubungi di Sambas, Rabu.

Ia menambahkan bahwa dengan sosialisasi selain para siswa bisa termotivasi untuk kuliah juga memberikan gambaran seperti apa persiapan dan hal apa saja terkait kuliah.

"Untuk materi sosialisasi kami mengenalkan atau menginformasikan kampus - kampus yang ada di Pontianak dan Sambas, bagaimana cara masuk dan lainnya. Selain itu terpenting saat sosialisasi kami juga memotivasi pentingnya kuliah atau masuk perguruan tinggi," ucap dia.

Pihak juga berkomitmen untuk membantu dan membimbing para siswa dalam masuk perguruan tinggi bukan hanya saat sosialisasi melainkan akan melakukan pendaftaran atau tes masuk perguruan tinggi.

"Kami siap membantu dan membimbing mulai nanti ada yang butuh informasi - informasi yang diperlukan para siswa. Kami sebisa mungkin membantu," papar dia.

Najwa perwakilan siswa dan siswi SMAN 2 Paloh yang berada di batas negeri mengatakan kegiatan seperti ini sangat bermanfaat baginya selain memberikan informasi mengenai perguruan tinggi, jalur masuk, kami juga termotivasi untuk melanjutkan ke pendidikan tinggi.

"Kami memang bisa di katakan kekurangan informasi mengenai perkuliahan, apalagi di desa kami akses internet masih sangat kurang, untuk jaringan internet kami menggunakan WiFi itu juga tidak begitu lancar jaringannya. Informasi dari kakak KMKS sangat bermanfaat," ujarnya.

Menurutnya, meskipun akses menuju ke SMAN 2 Paloh jauh, karena SMA nya tepat berada di perbatasan Indonesia Malaysia, panitia penyuluhan perguruan tinggi dari KMKS tetap berkunjung ke sekolahnya.

"Untuk itu kami mengucapkan terima kasih. Salut dan semangat buta abang dan kakak dari KMKS dalam menjalankan perkuliahannya," jelas dia.(Ant)

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

Komentar belum ada.
Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in