Kim Jong-un Mulai Panik Hadapi Covid-19

Nusantaratv.com - 14/05/2022 23:45

Kim Jong-un. (Net)
Kim Jong-un. (Net)

Penulis: Yusuf

Nusantaratv.com - Kim Jong-un menyebut penyebaran Covid-19 yang baru terdeteksi di Korea Utara (Korut) selama beberapa hari belakangan memicu pergolakan terbesar sejak negara tersebut berdiri.

"Penyebaran penyakit berbahaya itu menjadi pergolakan terbesar di negara kami sejak DPRK (Korut) berdiri," ujar Kim. 

Seorang profesor dari Universitas Ewha di Seoul, Leif-Eric Easley, menilai Kim ingin menempatkan dirinya "di depan dan tengah" dalam upaya Korut merespons pandemi Covid yang diprediksi bakal kian parah.

"Bahasa yang ia gunakan mengindikasikan situasi di Korut akan semakin buruk terlebih dulu sebelum akhirnya membaik," papar  Easley. 

Ia kemudian berkata, "Publik melihat retorika ini sebagai cara mempersiapkan jalan bagi bantuan internasional, tapi Kim mungkin mempersiapkan populasi untuk pengorbanan lebih jauh."

Mengutip AFP, Kim memang sedang terus berupaya menggalang kekuatan dalam negeri setelah Korut melaporkan temuan Covid-19 pada Kamis lalu, untuk pertama kalinya sejak dunia dilanda pandemi dua tahun lalu.

Sehari selanjutnya, Korut mulai melaporkan kasus kematian akibat Covid-19. Pada Sabtu (14/5/2022), Korut kembali melaporkan 21 kasus kematian akibat "demam."

Korut pun langsung menggelar rapat besar-besaran. Dalam rapat pada Sabtu, sejumlah pejabat tinggi mendiskusikan distribusi obat-obatan serta cara lain untuk "meminimalkan kematian."

Mereka harus mencari jalan keluar di tengah keburukan sistem kesehatan Korut. Ditambah, Korut tak punya vaksin Covid-19 dan belum pernah mengadakan tes Covid-19 massal sama sekali selama ini.

Walau begitu, Kim menegaskan Korut bakal "belajar secara aktif" dari strategi China guna menanggulangi pandemi Covid-19.

0

Komentar belum ada.
Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in

Berita Terkait
Anthony Albanese-1653486244
KRL-1653485164