Ketegangan dengan China Meningkat, Situs Kementerian Pertahanan Taiwan Diretas

Nusantaratv.com - 04/08/2022 11:40

Ilustrasi. Situs Kementerian Pertahanan Taiwan diretas. (TechFunnel)
Ilustrasi. Situs Kementerian Pertahanan Taiwan diretas. (TechFunnel)

Penulis: Tri Budi Purnomo

Nusantaratv.com - Kementerian Pertahanan Taiwan pada Kamis (4/8/2022) mengatakan situs mereka diretas.

Mengutip Reuters, Kamis (4/8/2022), kementerian mengungkapkan pihaknya sedang bekerja sama dengan otoritas lain untuk meningkatkan keamanan siber di tengah ketegangan dengan China yang meningkat.

Pada awal pekan ini, sejumlah situs pemerintah, termasuk situs kantor kepresidenan menjadi sasaran serangan siber dari luar negeri. Otoritas Taiwan mengatakan beberapa di antaranya diluncurkan dari China dan Rusia.

Ketegangan semakin meningkat antara China dan Taiwan menyusul kunjungan Ketua Parlemen Amerika Serikat (AS) Nancy Pelosi ke Taiwan pada Selasa (2/8/2022). Kunjungan ini menjadi bentuk komitmen AS terhadap kedaulatan Taiwan, yang diklaim China sebagai wilayahnya.  

Kedatangan Pelosi langsung membuat China meradang. Negeri Tirai Bambu itu merespons dengan mengirimkan 27 pesawat tempur ke zona pertahanan udara Taiwan pada Rabu (3/8/2022) waktu setempat.

Sebanyak enam pesawat tempur J-11, lima pesawat tempur multirole J-16 dan 16 pesawat tempur multirole SU-30 memasuki zona pertahanan udara pada Rabu (3/8/2022). China bahkan mengadakan latihan militer yang dijadwalkan berlangsung selama empat hari di sekitar pulau itu. 

Beijing menilai kedatangan politisi Partai Demokrat itu membahayakan stabilitas keamanan di Selat Taiwan. Pelosi ketika sampai di Bandara Songshan, Taiwan, menyebut solidaritas AS dengan 23 juta orang Taiwan lebih penting dari sebelumnya. "Karena dunia menghadapi pilihan antara otokrasi dan demokrasi," ujarnya. 

Dia menjadi pemimpin politik AS paling senior pertama yang mengunjungi Taiwan dalam 25 tahun terakhir. Partai Republik Newt Gingrich adalah Ketua DPR AS terakhir yang melakukan perjalanan ke Taiwan, pada 1997.

Di Taiwan, Pelosi bertemu dengan Presiden Tsai Ing Wen. Dan, Tsai memberikan penghargaan sipil tertinggi Taiwan, Order of Propitious Clouds kepada Pelosi. Penghargaan ini sebagai simbol terima kasih atas dukungan AS. 
 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

Komentar belum ada.
Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in